Advertisement

4 Peti Kubur Batu Masa Prasejarah di Paliyan Ditemukan, 2 Direkomendasikan Jadi Cagar Budaya

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 17 Oktober 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
4 Peti Kubur Batu Masa Prasejarah di Paliyan Ditemukan, 2 Direkomendasikan Jadi Cagar Budaya Ilustrasi peti mati batu / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul melaporkan adanya penemuan empat kubur peti batu di alas Wonobudha, Kalurahan Grogol, Paliyan, Gunungkidul pada Juli 2024. Dua dari empat kubur peti batu itu saat ini telah mendapat rekomendasi untuk ditetapkan menjadi Cagar Budaya (CB).

Penyiap Naskah Kajian TACB Disbud Gunungkidul, Ari Kristian mengatakan rekomendasi terhadap dua kubur peti batu turun pada September 2024. Sisanya rekomendasi akan diberikan oleh Plt. Bupati Gunungkidul, Heri Susanto.

Advertisement

Kata Ari, rekomendasi dua kubur peti batu akan mendapat rekomendasi pada akhir Oktober 2024. Dia menambahkan setelah menjadi CB, Pemkab Gunungkidul akan mudah untuk melakukan intervensi terhadap kubur peti batu tersebut.

Intervensi ini mengarah pada perlindungan dan perawatan CB. Disbud juga dapat memasang papan penanda CB dan memasang kanopi untuk menghindarkan CB dari kerusakan akibat cuaca.

Ari menerangkan riset yang pihaknya lakukan menunjukkan kubur peti batu tersebut merupakan peninggalan prasejarah sebagai bagian dari budaya Megalitikum. Zaman megalitikum adalah zaman ketika manusia sudah dapat mengembangkan kebudayaan yang terbuat dari batu-batu besar.

BACA JUGA: Disbud Bantul Dukung Pemanfaatan Bangunan Cagar Budaya untuk Wisata, Asal...

Selain kubur peti batu, di Grogol juga ada penemuan logam yang diduga peninggalan di zaman yang sama. Logam tersebut berwujud cangkul, tatah, dan kapak/ beliung. Logam-logam ini sekarang sedang diteliti oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) X, Jogja.

“Harapan kami dengan hasil analisa dari Balai Pelestarian Kebudayaan  X, logam ini dapat jadi indikator untuk menentukan periodesasi masa pra sejarah yang berlangsung di sana. Saat ini di Gunungkidul belum ada periodisasi waktu terhadap temuan kubur batu itu,” katanya.

Ke depan, Ari mengaku pengembangan alas Wonobudho, Grogol sebagai tempat pememuan kubur peti batu tersebut dapat dilakukan secara kolaboratif menggandeng Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidu. Menurutnya, Dispar dapat membuat wisata minat  

Kepala Disbud Gunungkidul, Chairul Agus Mantara mengatakan pihaknya akan mengembangkan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata utama minat khusus, sebagai ruang belajar sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilkada 2024, Bawaslu Jalankan Pengawasan Ujaran Kebencian di Medsos Bersama Beberapa Pihak

News
| Kamis, 17 Oktober 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement