Advertisement

Jadi Perempuan Pertama di Kursi Pimpinan DPRD Sleman, Ini Harapan Politikus PKB Ani Martanti

David Kurniawan
Selasa, 22 Oktober 2024 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Jadi Perempuan Pertama di Kursi Pimpinan DPRD Sleman, Ini Harapan Politikus PKB Ani Martanti Wakil Ketua DPRD Sleman, Ani Martanti. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Anggota Fraksi PKB, Ani Martanti mencatatkan sejarah baru sebagai perempuan pertama yang duduk di kursi Pimpinan DPRD Sleman. Prosesi pelantikan berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD, Selasa (22/10/2024).

“Jadi ini luar biasa sekali momen ini. Pertama kali, perempuan masuk ke jaringan pimpinan DPRD Sleman. Alhamdulillah di posisi wakil ketua I,” kata Ani Martani kepada wartawan seusai pelantikan Pimpinan DPRD Sleman, Selasa siang.

Advertisement

Menurut dia, dengan ditunjuk dirinya sebagai Wakil Ketua DPRD menunjukan di tubuh wakil rakyat Sleman sudah mulai bergerak mengakomodir keterlibatan perempuan. “Ini penting sekali karena saya ingin jadi role mode kaum perempuan bahwa bisa di politik dan tidak hanya sebagai pelengkap,” ungkapnya.

Di berjanji akan memperkuat pengarustamaan gender dan memberikan akomodasi yang lebih terhadap kegiatan-kegiatan kaum perempuan. “Harapannya di kondisi politik yang dinamis dan banyak dikuasai kaum laki-laki bisa memberikan sentuhan keibuan. Penuh kasih sayang, memberikan suasna baru khususnya untuk mencerdaskan perempuan,” katanya.

Meski terpilih dari partai politik, tetapi dia menegaskan dirinya tidak hanya mewakili parpol, tetapi akan berusaha semaksimal mungkin memperjuankan semua suara rakyat sleman. “Saya ingin DPRD bisa lebih homey atau menjadi rumah kita bersama yang nyaman,” katanya.

BACA JUGA: Dilantik Pekan Depan, Ini Merek Mobil Dinas yang Dipakai Pimpinan DPRD Sleman

Ia menekankan, apa yang diraih harus melalui perjalanan panjang untuk sampai di titik ini. Ani Martanti berharap bisa memberikan aspirasi karena setiap perempuan memiliki kesempatan sama. “Harus mampu dan mau sehingga bisa jadi panutan. Yang jelas, kalau benar katakana benar dan kalau salah juga katakana salah,” katanya.

Sekretaris DPRD Sleman, Muhammad Aji Wibowo mengatakan, terpilihanya Ani Martanti sebagai Wakil Ketua DPRD Sleman dikarenakan partainya, PKB menjadi empat parpol peraih suara terbanyak di Pemilu 2024. Adapun penunjukan mengacu pada usulan dari PKB mengacu pada surat DPC No:1110/DPC-24.04/01/IX/2024 tentang Pengantar SK Pimpinan DPRD Sleman tertanggal 3 September 2024.

Di surat ini dijelaskan bahwa Ani Martanti ditetapkan DPP PKB sebagai calon wakil ketua DPRD. Adapun untuk dua wakil ketua adalah Hasto Karyantoro dari PKS dan Sukaptana dari Gerindra, sedangkan Ketua DPRD dijabat Gustan Ganda dari PDI Perjuangan. “SK Gubernur tentang penetapan Pimpinan DPRD Sleman sudah turun Jumat [18/10/2024] dan juga sudah dilaksanakan pelantikan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dirjen Anggaran Kemenkeu Terkait Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Kukar

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement