Lebaran, Bantul Tidak Tambah Kuota Gas Melon

Ilustrasi elpiji 3 Kg. - SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu
11 Juni 2018 08:10 WIB David Kurniawan Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Perdagangan Bantul memastikan tidak ada tambahan kuota gas elpiji kemasan tiga kilogram selama perayaan Hari Raya Idulfiri. Tambahan kuota di awal tahun sebanyak 180.000 tabung dirasa mencukupi untuk kebutuhan di tahun ini.

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi mengatakan pihaknya tidak meminta tambahan kuota gas melon ke Pertamina pada saat libur Lebaran. Menurut dia, kebijakan ini dilakukan karena Bantul sudah mendapatkan tambahan sebanyak 2% dari kuota 9.000.000an tabung yang diberikan di  2017 lalu.

“Sebenarnya kami mengajukan tambahan 10 persen, tetapi oleh Pertamina hanya disetujui dua persen. Jadi total kuota gas melon selama 2018 ada 9.180.000-an tabung,” kata Subiyanta kepada wartawan, Minggu (10/6/2018).

Menurut dia, dengan tambahan kuota dua persen mencukupi kebutuhan gas bagi warga kurang mampu di Bantul. Oleh karena itu, Dinas tidak mengajukan tambahan jelang perayaan Hari Raya Idulfitri.

“Kami juga berharap kepada warga menengah atas bisa menggunakan gas nonsubsidi, karena gas elpiji kemasan tiga kilogram hanya untuk keluarga kurang mampu. Imbauan ini agar bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran,” ucapnya.

Ditambahkan Subiyanta, meski tidak ada tambahan kuota selama Lebaran masyarakat tidak perlu khawatir. Untuk memastikan harga tidak mengalami lonjakan tim akan terus memantau lapangan.