Advertisement

Meriahnya Gelar Budaya dan Bersih Desa Pengkol, Bukti Seni Budaya Jadi Daya Tarik Wisata

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 03 Juli 2018 - 23:17 WIB
Nina Atmasari
Meriahnya Gelar Budaya dan Bersih Desa Pengkol, Bukti Seni Budaya Jadi Daya Tarik Wisata Salah satu penampilan dalam sosialisasi wisata melalui gelar budaya dan bersih desa, di Desa Pengkol, Nglipar, Minggu (1/7/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY terus mengembangkan dan mendorong pengembangan pariwisata yang menjadikan masyarakat menjadi garda terdepan untuk berperan.

Kepala Seksi Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinpar DIY, Wardoyo mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan sebuah dukungan menciptakan semangat masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata, maupun pelestarian budaya.

Advertisement

Salah satu kegiatan yang didukung Dinpar DIY yaitu kegiatan sosialisasi wisata melalui gelar budaya dan bersih desa di Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Minggu (1/7/2018) lalu.

Berbagai seni budaya ditampilkan, mulai dari karawitan, gejog lesung, reog, wayang kulit, dan berbagai seni budaya lainnya. Selain sebagai wujud nguri-uri atau melestarikan budaya juga sebagai daya tarik wisata nantinya jika dapat dikemas dengan baik.

“Seni budaya sangat erat hubungannya dengan pariwisata. Jika dapat dikemas dipersiapkan dengan maksimal tentunya adat tradisi, seni budaya akan menjadi daya tarik wisata,” ujarnya Selasa (3/7/2018).

Wardoyo mengatakan nantinya dengan upaya Dinpar DIY untuk mendukung pengembangan wisata, akan kembali lagi ke masyarakat efeknya. Kesejahteraan masyarakat dapat terangkat dengan potensi wisata.

Ia mengatakan program wisata memberikan ruang kreativitas di masyarakat. Peran serta masyarakat sangat penting Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di desa dapat membantu mendesain kreativitas potensi yang ada di desa.

Kasi Pemerintahan Desa Pengkol, Muryanta mengatakan dengan adanya dukungan dari Dinpar DIY, pengenalan pariwisata dengan pagelaran budaya sangat menarik bagi masyarakat.

Dia mengatakan sudah dua tahun ini mendapat bantuan sosialisasi wisata dari Dinpar DIY. Muryanta juga mengatakan dengan bantuan dari Dinpar DIY dan meringankan beban swadaya masyarakat.

“Dengan adanya berbagai kegiatan seni budaya yang digelar, kami juga dapat menginformasikan mengenalkan pariwisata yang kami miliki. Seperti tempat wisata Song Putri, gunung keruk, gunung api purba tertua di Jawa,” ujarnya.

Ia berharap kedepan potensi wisata yang ada di Pengkol dapat semakin dikenal masyarakat, dan warga dapat mengelola dengan baik. Sehingga nantinya berdampak juga pada perekonomian masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement