Advertisement

Ubur-UburTerus Mengancam Wisatawan di Gunungkidul, Korban Masih Berjatuhan

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 13 Agustus 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Ubur-UburTerus Mengancam Wisatawan di Gunungkidul, Korban Masih Berjatuhan Ilustrasi ubur-ubur - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com ,Kemunculan GUNUNGKIDUL--ubur-ubur yang dapat di sekitar pantai Gunungkidul masih perlu diwaspadai.

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Surisdiyanto mengatakan setidaknya dalam sepekan terakhir ada lima kasus wisatawan yang tersengat ubur-ubur. “Kalau kondisi korbannya beda-beda setelah tersengat, namun semuanya dapat diatasi di tempat,” kata Surisdiyanto, Senin (13/8/2018).

Advertisement

Dia mengatakan untuk jumlah kemunculan ubur-ubur sendiri sebenarnya masih banyak. Namun kunjungan wisata yang belum optimal pasca gelombang, sehingga korban yang tersengat tidak begitu banyak. “Wisatawan masih belum banyak saat akhir pekan sekarang, pasca gelombang tinggi. Ya sudah mulai pulih sekitar 50%. Dikhawatirkan saat banyak wisatawan banyak juga yang kena, karena kurang hati-hati,” kata dia.

Suriadiyanto mengatakan kebanyakan wisatawan yang tersengat lantaran penasaran dan coba memegang ubur-ubur itu. Padahal jika tersengat dapat menimbulkan rasa sakit.

Ubur-ubur, kata dia biasanya tak lagi muncul saat datang musim penghujan. Untuk itu, saat ini pihaknya terus mengimbau wisatawan agar selalu berhati-hati, tidak asal menyentuh jika ada hewan yang tidak dikenal. Selain itu, Tim SAR juga terus melakukan patrol untuk mengantisipasi korban tersengat.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes), Gunungkidul Priyanta Madya Satmaka mengatakan Pemkab Gunungkidul melalui puskesmas terutama yang berlokasi di sekitaran pantai siap menangani jika ada korban sengatan ubur-ubur.

Dia mengatakan dampak serangan ubur-ubur sendiri dapat terasa panas pada kulit. Ia mengatakan korban akan panas dan infeksi racun yang masuk selanjutnya menyebabkan badan akan panas dan menggigil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement