Advertisement

UNY Berencana Buka Kampus di Gunungkidul

I Ketut Sawitra Mustika
Kamis, 20 September 2018 - 12:17 WIB
Nina Atmasari
UNY Berencana Buka Kampus di Gunungkidul Kampus Universitas Negeri Yogyakarta - uny.ac.id

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berencana membuka kampus di Gunungkidul supaya jumlah masyarakat Bumi Handayani yang kuliah bisa lebih meningkat.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengatakan, pihaknya memberi perhatian khusus kepada Gunungkidul karena dari data yang ada, jumlah mahasiswa dari kabupaten tersebut menempati posisi terendah di UNY dibanding dengan daerah lain di DIY.

Advertisement

Selain memberikan beasiswa bidik misi bagi siswa miskin Gunungkidul, Sutrisna juga ingin membuka program vokasi pendidikan dalam domisili di Bumi Handayani. "Sehingga calon mahasiswa dari Gunungkidul dapat kuliah di Wonosari. Harapannya dinas pendidikan bisa memberi motivasi pada generasi muda untuk melanjutkan kuliah," ujarnya seperti dikutip dari rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (19/9/2018).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sutrisna saat menggelar pertemuan dengan Bupati Gunungkidul Badingah, Selasa (18/9/2018). Pertemuan itu dilaksanakan untuk menjalin sillaturahmi antara UNY dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Ikut serta dalam audiensi ini para Dekan dan Ketua Lembaga di lingkungan UNY. Menurut Sutrisna, UNY merupakan bagian tidak terpisahkan dari DIY, sehingga UNY merasa peduli dan berkeinginan menjalin sinergi dengan semua kabupaten, termasuk Gunungkidul.

Selain berencana membuka kampus, UNY juga menawarkan kerja sama dengan Pemkab Gunungkidul dan Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) DIY dalam mengelola Baron Technopark. Badingah menyambut baik kerja sama yang ditawarkan UNY. Ia berharap Baron Technopark dapat menjadi wisata pendidikan di masa depan.

Badingah juga berharap UNY bisa membuka sekolah vokasi di Gunungkidul untuk menyejahterakan masyarakat dan memangkas biaya kuliah, yang cukup memberatkan orang-orang yang ingin melanjutkan studi. “Banyak siswa putus sekolah di sini karena masalah biaya. Apabila kuliah di Jogja, [mahasiswa asal Gunungkidul] harus mengeluarkan biaya untuk kos dan makan," jelas Badingah.

Menurut Badingah, Gunungkidul memiliki modal sosial yang luar biasa, tapi perlu peningkatan dari sisi modal sumber daya manusia. Untuk itu perlu sinergi antara kampus dengan Pemkab dalam mencerdaskan siswa di Gunungkidul.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rasyid mengapresiasi rencana UNY, yang ingin mendirikan kampus di Gunungkidul. "Saya berharap dengan adanya sekolah vokasi bidang boga, pariwisata dan busana juga dapat meningkatkan kompetensi guru."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement