Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat, BPAD Sambangi Desa Trirenggo

Roadshow mina bacat digelar di ruang pertemuan Kantor Desa Trirenggo, Bantul, Kamis (1/11). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
01 November 2018 17:20 WIB Rahmat Jiwandono Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY kembali menggelar Roadshow Minat Baca. Kali ini Roadshow Minat Baca diselenggarakan di ruang pertemuan Balai Desa Trirenggo, Bantul. (1/11/2018)

Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD DIY Atmaji, Kepala BPAD DIY Monika Nurlastiyani, Kepala Dinas (Kadin) Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul Agus Sulistyana.

Atmaji mengatakan tujuan roadshow minat baca adalah mendorong visi kota Jogja menjadi pusat pendidikan, budaya, dan wisata yang unggul di Asia Tenggara. "Kami berharap masyarakat terdidik dan punya kebiasaan membaca buku. Diharapkan mampu menambah wawasan mereka dengan membaca," kata dia.

Peran DPRD dalam rangka menumbuhkan minat baca yaitu terkait dengan regulasi pengelolaan pengarsipan. Selain itu, kalangan legislatif diakuinya kini tengah membahas raperda soal pengelolaan perpustakaan. "Roadshow saat ini masih mencakup wilayah desa-desa di DIY, kemungkinan tahun depan akan kami adakan di sekolahan," kata dia kepada Harian Jogja, kamis (1/11).

Kepala BPAD DIY, Monika Nurlastiyani, mengatakan berdasarkan survei pada 2015 lalu, minat baca masyarakat DIY adalah 0,042 yang berarti dari 1000 orang ada 42 orang yang gemar membaca.

Sedangkan berdasarkan survei yang dilakukan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) pada tahun sama minat baca masyarakat Indonesia 0.001 artinya dari 1.000 orang hanya ada satu orang yang mau membaca.

Ia menjelaskan BPAD DIY mempunyai beban untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Jogja. "Langkah yang kami lakukan adalah roadshow seperti ini dan bedah buku," ujar dia.

Dia mengklaim perpustakaan DIY punya pustakawan berprestasi dari 2015-2018 dan tiga tahun berturut-turut punya perpustakaan bertaraf nasional. Di sisi lain pada 2018 Desa wukirsari memperoleh peringkat III lomba perpustakaan tingkat desa (perpusdes). “Saya berharap masyarakat tidak hanya membaca namun dari membaca dapat menulis buku yang menjadi sebuah karya yang bernilai ekonomis,” kata dia.

Kepala Desa Trirenggo, Munawar dalam sambutannya mengucapka terima kasih kepada BPAD DIY atas kepercayaan yang diberikan untuk diadakannya acara roadshow minat baca di Trirenggo, Bantul. “Saya berharap warga di sini bisa tumbuh minat bacanya dan dapat diwariskan ke generasi berikutnya,' ujar dia.