Advertisement

Hujan Lebat Mengguyur Jogja, Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Rumah dan Tutup Akses Jalan

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 10 November 2018 - 18:05 WIB
Bhekti Suryani
Hujan Lebat Mengguyur Jogja, Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Rumah dan Tutup Akses Jalan Sukarelawan dan Unit Reaksi Cepat BPBD Jogja sedang mengevakuasi pohon tumbang di Bioskop XXI Jalan Urip Sumoharjo Jogja, Sabtu (10/11/2018). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Hujan lebat yang melanda kawasan Kota Jogja pada Sabtu (10/11/2018) sekitar pukul 13.20 WIB menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Hanya saja, tumbangnya pohon mengakibatkan kerusakan. Tidak hanya menimpa rumah warga, sejumlah kendaraan juga mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon. "Ada tujuh titik pohon tumbang yang disebabkan oleh hujan disertai angin kencang," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jogja Hari Wahyudi, Sabtu.

Advertisement

Berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Jogja, pohon perindang setinggi 10 meter berdiameter 30 sentimeter di Jalan Kenari, Semaki Umbulharjo tumbang hingga menutupi akses jalan. Meski sempat macet, namun tim sukarelawan dan BPBD Jogja langsung menangani pohon tersebut.

Di jalan Urip Sumoharjo, Klitren, Gondokusuman, dua buah pohon Trembesi setinggi 8-10 meter tumbang. Lokasi tumbangnya kedua pohon tersebut berada di area parkir XXI. Dampaknya, dua unit mobil Mazda B 36 ENG dan Toyota Avanza AB 1615 BU mengalami kerusakan.

"Ada pohon Waru di parkiran Kebun Binatang Gembiraloka juga tumbang. Tingginya 30 meter dengan diameter 50 cm. Informasinya, menimpa tiga unit motor, tidak ada korban jiwa," jelas Hari.

Satu pohon beringin setinggi 15 meter berdiameter 30cm juga dilaporkan tumbang di jalan Perintis Kemerdekaan Pandeyan Umbulharjo. Tumbangnya pohon raksasa itu juga menutup akses jalan di sekitar lokasi. Sebuah pohon Waru di Jalan Ganesha Muja Muju Umbulharjo juga ikut tumbang akibat angin kencang. Tinggi pohon 12 meter berdiameter 60 cm tersebut menimpa kabel PLN dan menutup akses jalan.

Empat pohon masing-masing, pohon alpukat, waru, talok dan petai cina milik Saudah, warga Perum APMD Muja Muju Umbulharjo juga ikut tumbang. Selain menutup akses jalan di Perum tersebut, salah satu pohon merusak atap rumah milik Saudah. "Kami masih lakukan assessment," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement