WISATA GUNUNGKIDUL : Wisata ke Sejumlah Pantai Ini, Pengunjung Mengeluh Tak Ada Sinyal Seluler

Pantai Krakal, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Selasa (17/3/2015). (FOTO ISTIMEWA - Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul)
02 Mei 2015 12:19 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Wisata Gunungkidul di sejumlah pantai, pengunjung mengeluh tidak adanya sinyal seluler

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Perkembangan pariwisata yang tumbuh begitu pesat, ternyata belum dibarengi dengan penyediaan sarana pendukung yang memadai.

Selain kendala infrastruktur jalan, sejumlah pantai belum ada jaringan telekomunikasi yang memadai.

Beberapa pantai yang belum terjamah jaringan sinyal telekomunikasi antara lain, Pantai Wediombo, Siung, Poktunggal, Jogan, Nglambor, Timang, Jungwok hingga Pantai Gesing, Girikarto, Kecamatan Panggang. Akibatnya, seringkali pengunjung mengeluh karena tidak bisa berkomunikasi saat berwisata ke wilayah tersebut.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Wediombo, Sudarso mengatakan, meski dalam kondisi berlibur, kebutuhan jaringan komunikasi masih dibutuhkan wisatawan. Hal tersebut sangat berguna untuk memperlancar akses telekomunikasi maupun informasi.

"Sayangnya di sini sinyal masih sangat susah. Kalaupun bisa berkomunikasi, itupun hanya menggunakan handytalki [HT]," kata Sudarso kepada wartawan, Kamis (30/4/2015).

Menurut dia, perkembangan wisata yang tumbuh dengan pesat harus didukung dengan sarana pra sarana yang memadai. Tujuannya, agar kenyamanan pengunjung bisa benar-benar terjamin.

"Saya mengakui jika jumlah wisatawan di sini terus meningkat. Selain masalah sinyal, disini juga terkendala masalah listrik," ungkap warga Jepitu itu.

Keluhan senada juga diungkapkan, Egal Maulana Putra,  seorang pelancong asal Kota Solo. Menurut dia, ketiadaan jaringan telekomunikasi membuat dirinya sangat sulit berkomunikasi.

"Bagaimana bisa, wong sinyalnya saja tidak ada," keluh Egal.

Dia tidak menampik apabila wilayah Wediombo memiliki pemandangan yang indah, terlebih lagi wisatawan juga bisa berlatih selancar di tempat tersebut.

Hanya saja, dia ingin sarana pendukung lain bisa dilengkapi, sehingga para pengunjung bisa semakin nyaman. "Ini kan untuk berjaga-jaga, terutama saat ada kondisi yang darurat dan mengharuskan adanya hubungan komunikasi," ujar pemuda yang masih kuliah itu.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul Saryanto membenarkan bila sejumlah pantai belum terjamah jaringan telekomunikasi. Hal ini terjadi dikarenakan di beberapa pantai itu belum memiliki menara BTS.

"Ke depan, pemkab akan mencoba berkoordinasi dengan penyedia layanan telekomunikasi supaya mendirikan tower di daerah blank spot," janji Saryanto.