Baznas Kota Jogja Siapkan Petugas Jemput Zakat

05 Mei 2017 06:55 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jogja menargetkan perolehan dari zakat fitrah selama Ramadan tahun ini sebesar Rp500 juta

Harianjogja.com, JOGJA -Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jogja menargetkan perolehan dari zakat fitrah selama Ramadan tahun ini sebesar Rp500 juta.

Target ini diyakini tercapai seriring dengan selesainya pembentukan unit pengumpul zakat (UPZ) di sejumlah lokasi.

Unit pengumpul zakat Baznas Kota Jogja akan ditempatkan di semua masjid di Kota Jogja, sejumlah inztansi pemerintahan, dan pusat keramaian. Selain itu juga sudah disediakan petugas khusus penjemput zakat ke rumah-rumah yang bertugas 24 jam secara bergantian.

“Untuk mempermudah umat Islam menunaikan kewajibannya membayar zakat,” Kata Wakil Ketua Baznas Kota Jogja, Misbahrudin, Rabu (3/5/2017).

Misbahrudin mengatakan target pendapatan zakat Ramadan tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu yang hanya Rp80 juta. Target itu diakuinya masih jauh dari potensi pendapatan zakat yang mencapai Rp2,5 miliar.

Namun amil zakat tidak hanya dari Baznas, namun ada sejumlah amil zakat yang sudah terdaftar dan dibolehkan mengumpulkan zakat. “Ada banyak amil zakat,” Kata dia.

Selain mengumpulkan zakat, pihaknya juga sudah menyusun sejumlah kegiatan selama Ramadan, di antaranya pesantren khusus dhuafa, pendidikan dakwah untuk siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat, bantuan masjid, dan penyaluran zakat kepada mustahiq atau orang yang berhak menerima zakat.