Advertisement

Penurunan Jumlah Sapi yang Disembelih Pengaruhi Jumlah Karkas

Abdul Hamied Razak
Rabu, 30 Mei 2018 - 14:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Penurunan Jumlah Sapi yang Disembelih Pengaruhi Jumlah Karkas Ilustrasi sapi. - IST

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Penurunan jumlah sapi yang dipotong di RPH Giwangan, Jogja berpengaruh pada jumlah karkas yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan daging yang akan dijual di pasar di Kota Jogja.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Sugeng Darmanto mengatakan, satu sapi jantan yang berbobot 500 kilogram rata-rata menghasilkan 250 kilogram sehingga total karkas yang dihasilkan berkisar antara dua hingga tiga ton per hari. Pasalnya, jumlah sapi yang dipotong turun dari 17 sampai 18 ekor menjadi sembilan hingga 10 ekor.

Advertisement

"Jumlahnya belum mampu memenuhi kebutuhan daging di Jogja yang kebutuhannya lima hingga enam ton per hari," katanya, Selasa (29/5/2018).

Selama ini, kekurangan daging sapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dipasok dari daerah lain seperti Kabupaten Sleman, Bantul, Boyolali, maupun Magelang.

"Untuk masalah daging, Kota tidak mengalami kekurangan. Harganya juga tetap stabil yaitu di kisaran Rp120.000 per kilogram," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja Maryustion Tonang.

Dia memperkirakan kenaikan kebutuhan daging bisa terjadi menjelang Lebaran atau pada H-2 atau H-1. Saat itu, jumlah sapi yang akan dipotong di RPH Giwangan akan menyesuaikan. Angkanya bisa mencapai sekitar 14 ekor per hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lewati Sepekan, Total Gempa Susulan di Bawean Capai 383 Kali

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement