Peksiminas XIV, Pembukaan Komik Strip Berlangsung Meriah

Penampilan mahasiswa Stikom Yogyakarta dalam pembukaan Peksiminasi 2018 Bidang Lomba Komik Strip, di Kampus Stikom Yogyakarta, Kamis (18/10/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
19 Oktober 2018 10:10 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Pembukaan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIV, untuk bidang Lomba Komik Strip yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Yogyakarta, berlangsung meriah, Kamis (18/10/2018).

Pembukaan lomba tingkat nasional yang diikuti 24 provinsi atau peserta, ini dibuka dengan pertunjukan seni, mulai dari tari-tarian, paduan suara, dan penampilan musik dari mahasiswa Stikom Yogyakarta.

"Sesuai tuan rumah kami coba menyuguhkan yang terbaik, karena tema yang diangkat merajut budaya Nusantara. Kami coba tampilkan itu di pembukaan," kata Pembantu Ketua III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, sekaligus ketua panitia pelaksana, Hardoyo, Kamis (18/10/2018).

Ia menuturkan pihaknya merasa terhormat dengan dipilihnya Stikom Yogyakarta menjadi salah satu penyelenggara lomba tingkat nasional itu. Pihaknya mengaku berusaha memberikan yang terbaik.

Dia menjelaskan lomba tersebut akan diikuti para mahasiswa putra maupun putri utusan dari Pengurus Daerah Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) dari berbagai provinsi di Indonesia yang sebelumnya telah menjalani seleksi di tingkat perguruan tinggi masing-masing hingga tingkat provinsi.

Berdasarkan tema yang sudah ditentukan peserta akan menuangkan gagasan dalam bentuk rangkaian dalam gambar yang mengandung cerita di atas kertas manila ukuran A3. Gambar harus lebih dominan dibandingkan teksnya. Diharapkan dalam lomba tersebut para peserta dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan menghasilkan karya lomba yang bagus dan bermutu.

Juri pada lomba ini yaitu dari perwakilan dari BPSMI, Titoes Libert, lalu dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Beng Rahadian dan dari Institut Seni Indonesia (ISI), Tera Bajragosa.

"Semoga dengan ajang ini pula dapat lahir seniman-seniman atau yang ahli komik strip hingga tingkat nasional bahkan internasional," ujarnya.
Karya-karya yang dibuat peserta sendiri nantinya akan dipamerkan dan terbuka untuk umum pada Jumat (19/10/2018)-Sabtu (20/10/2018) dari pagi hingga sore hari.

Ditambahkan Ketua Stikom Yogyakarta, R. Sumantri Raharjo, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Stikom dipercaya menjadi penyelenggara. "Semoga acara dapat berjalan lancar. Terima kasih semua pihak yang terlibat. Jika ada kekurangan kami memohon maaf," ujarnya.

Salah seorang peserta, Ajeng Tita Negoro mengaku senang dapat kembali berpartisipasi dalam ajang Peksiminas ini dan berharap dapat memberikan yang terbaik.

"Semoga lancar juga nanti, dapat memberikan yang terbaik bagi DIY. Selain itu ajang ini juga menumbuhkan kreativitas mahasiswa," ujarnya.