Advertisement

Ribuan Peserta Seleksi CPNS 2018 Gunungkidul Tak Lolos SKD

David Kurniawan
Senin, 26 November 2018 - 14:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Ribuan Peserta Seleksi CPNS 2018 Gunungkidul Tak Lolos SKD Ilustrasi seleksi CPNS. - Antara Foto/Adwit B Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul mencatat mayoritas peserta CPNS 2018 tidak lolos tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Pasalnya, dari 2.047 pendaftar hanya ada 131 pelamar yang dinyatakan memenuhi passing grade dalam tes SKD.

Kepala BKPP Gunungkidul Sigit Purwanto mengatakan, hasil seleksi dari tes SKD sudah diketahui secara langsung oleh masing-masing peserta. Secara umum, ia menjelaskan, di dalam tes kemampuan dasar ini banyak peserta yang tidak lolos dengan jumlah prosentase mencapai 93,4%.

Advertisement

“Dari 2.047 peserta, yang lolos hanya 131 orang,” kata Sigit kepada wartawan, Senin (26/11/2018).

Menurut dia, mayoritas peserta yang tidak lolos menjadi catatan secara nasional. Ini lantaran, kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Gunungkidul, namun di daerah lain di Indonesia juga mengalami hal yang sama. “Bahkan di satu daerah ada yang tingkat kelolosan SKD hanya 1%,” ujar mantan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah ini.

Dia menjelaskan, untuk 131 peserta yang lolos SKD maka langsung akan mengikuti tahapan tes selanjutnya, yakni tes Seleksi Kemampuan Bidang yang difasilitasi oleh BKPP. Sementara itu, untuk memenuhi persyaratan dalam pelaksanaan SKB, yakni peserta tes lanjutan berjumlah tiga kali dari formasi yang ada masih menunggu pengolahan data dari Panitia Seleksi Nasional.

“Kita massih tunggu hasilnya dan hingga sekarang belum ada,” katanya.

Menurut Sigit, untuk memenuhi persyaratan dalam tes SKB, sudah dikeluarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Reformasi Birokrasi No.61/2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil Dalam Seleksi CPNS Tahun 2018.

“Kemungkinan untuk mengisi kekurangan dipenuhi dengan melalui rangking peserta dengan nilai tertinggi,” imbuhnya.

Kepala Bidang Informasi Pengembangan dan Data Pegawai, BKPP Gunungkidul Reni Linawati mengatakan, pasca pelaksanaan SKD, peserta yang lolos diharuskan mengikuti tes SKB. Rencananya tes ini akan difasilitasi oleh BKPP di masing-masing daerah. Meski demikian, untuk penguji akan didatangkan dari tim panselnas.

“Kita hanya memberikan fasilitas tempat, tapi untuk pelaksanaan akan ditangani tim dari pusat,” katanya.

Untuk pelaksanaan tes SKB, Reni belum bisa memastikan karena hingga saat ini masih menunggu instruksi dari Pemerintah Pusat. “Kita tunggu. Yang jelas, nanti akan diumumkan secara terbuka,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement