Dusun Trengguno, Ponjong Gelar Atraksi Seni Budaya

Anak-anak menari tari Joko Tarub di Dusun Trengguno Lor, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, Senin (11/3/2019) malam. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
13 Maret 2019 21:15 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dusun Trengguno Lor, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, menggelar kegiatan atraksi budaya, Senin (11/3/2019) malam. Puluhan warga yang berasal dari Sanggar Kesenian Dewi Lembayung memeriahkan atraksi budaya yang digelar.

Ketua Panitia Atraksi Budaya, Sumilan, mengatakan pentas seni di Dusun Trengguno Lor merupakan salah satu upaya pelestarian seni budaya sekaligus bagian dari pengembangan Dusun Trengguno menjadi desa wisata. "Acara ini melibatkan seluruh remaja di Dusun Trengguno. Acara diisi dengan pentas tari Joko Tarub serta pentas musik campursari," ujar Sumilan saat ditemui Senin malam.

Menurut Sumilan, setiap tahun Dusun Trengguno yang terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Trengguno Lor, Trengguno Wetan dan Trenggono Kidul selalu menggelar pentas seni yang diadakan secara bergiliran. “Untuk tahun ini yang mendapat giliran Trengguno Lor,” kata Sumilan.

Kepala Seksi Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata Dinpar DIY, Titik Fatmadewi, menuturkan atraksi dan pentas seni yang diadakan di Dusun Trengguno merupakan bagian dari upaya dusun setempat menjadi desa wisata. "Harapannya dengan pentas seni dan atraksi budaya yang rutin digelar setiap tahun mampu mendongkrak potensi budaya yang ada di desa setempat," kata Titik, Senin malam