Advertisement

Dusun Trengguno, Ponjong Gelar Atraksi Seni Budaya

Rahmat Jiwandono
Rabu, 13 Maret 2019 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Dusun Trengguno, Ponjong Gelar Atraksi Seni Budaya Anak-anak menari tari Joko Tarub di Dusun Trengguno Lor, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, Senin (11/3/2019) malam. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dusun Trengguno Lor, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, menggelar kegiatan atraksi budaya, Senin (11/3/2019) malam. Puluhan warga yang berasal dari Sanggar Kesenian Dewi Lembayung memeriahkan atraksi budaya yang digelar.

Ketua Panitia Atraksi Budaya, Sumilan, mengatakan pentas seni di Dusun Trengguno Lor merupakan salah satu upaya pelestarian seni budaya sekaligus bagian dari pengembangan Dusun Trengguno menjadi desa wisata. "Acara ini melibatkan seluruh remaja di Dusun Trengguno. Acara diisi dengan pentas tari Joko Tarub serta pentas musik campursari," ujar Sumilan saat ditemui Senin malam.

Advertisement

Menurut Sumilan, setiap tahun Dusun Trengguno yang terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Trengguno Lor, Trengguno Wetan dan Trenggono Kidul selalu menggelar pentas seni yang diadakan secara bergiliran. “Untuk tahun ini yang mendapat giliran Trengguno Lor,” kata Sumilan.

Kepala Seksi Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata Dinpar DIY, Titik Fatmadewi, menuturkan atraksi dan pentas seni yang diadakan di Dusun Trengguno merupakan bagian dari upaya dusun setempat menjadi desa wisata. "Harapannya dengan pentas seni dan atraksi budaya yang rutin digelar setiap tahun mampu mendongkrak potensi budaya yang ada di desa setempat," kata Titik, Senin malam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement