Advertisement

Implementasikan Pendidikan Karakter, Ribuan Pelajar Khatamkan Al-Quran

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 06 Mei 2019 - 10:07 WIB
Sunartono
Implementasikan Pendidikan Karakter, Ribuan Pelajar Khatamkan Al-Quran Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, PENGASIH--Sebanyak 2.019 siswa SMP sederajat mengkhatamkan Al-quran pada Sabtu (4/5/2019) di Taman Budaya (TB) Pengasih. Acara yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo dan BAZNAS Kulonprogo itu menjadi bagian dari implementasi pendidikan karakter.

Sekretaris Disdikpora Kulonprogo, Eko Teguh Santosa mengatakan implementasi dari pendidikan karakter yang diharapkan yaitu dapat mencetak generasi emas penerus bangsa yang berakhlakul kharimah, beretika, berkarakter dan berbudaya. Khataman Al-quran sebagai bagian dari implementasi pendidikan karakter tersebut.

Advertisement

Menurutnya, kegiatan khataman juga merupakan amanah dari Perda Kulonprogo No.18/2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter dan Perbup Kulonprogo No.65/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan. "Kegiatan dalam implementasi pendidikan karakter sudah kami lakukan sejak Januari 2018," ujar Eko pada Minggu (5/5/2019).

Total, ada 2.019 siswa yang mengkhatamkan Al-quran pada Sabtu (4/5/2019). Tidak hanya bagi muslim saja. Konsep serupa juga diterapkan pada umat agama lainnya. Pada Minggu (5/5/2019) sebanyak 86 siswa agama Kristen dan 151 siswa agama Katholik mengikuti khataman kitab suci.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan, tujuan dari khataman ini juga agar siswa bisa lebih gemar dalam membaca kitab suci. "Sekalipun saat ini perkembangan teknologi sangat pesat dan besar pengaruhnya terhadap generasi muda khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Dengan digelarnya acara Khataman diharapkan para siswa tidak meninggalkan kitab sucinya sebagai pedoman sehari-hari," ujar Sutedjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement