Advertisement

Alat Ukur Pedagang Pasar Gatak Dicek

Kiki Luqmanul Hakim
Rabu, 18 September 2019 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Alat Ukur Pedagang Pasar Gatak Dicek Petugas memperbaiki alat ukur milik pedagang di Pasar Gatak, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Rabu (18/9/2019). - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Unit Pelaksana Teksnis (UPT) Metrologi Dinas Perdagangan (Disdag) Bantul menera ulang alat ukur seluruh pedagang pasar Gatak, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Rabu (18/9/2019).

Penera Ahli UPT Metrologi Bantul, Made Mukiada, menyampaikan bahwa penraan ulang ini merupakan kegiatan rutin yang tujuannya untuk melindungi para pedagang dan konsumen dari kecurangan-kecurangan alat ukur yang kerap terjadi.

Advertisement

“Kegiatan ini tidak lain untuk melindungi hak konsumen dan juga penjual, kalau timbangannya berbeda kan bakal ada yang dirugikan, selain itu untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang sering terjadi di alat ukur,” katanya ketika ditemui Harian Jogja di Pasar Gatak, Rabu.

Dia menambahkan jika masih ada pedagang yang belum sempat menera ulang alat ukurnya, mereka diminta untuk menera ulangnya di Kantor Dinas UPT Metrologi Bantul yang beralamat di Jalan Wahidin Sudiro Husudo, Karangbayam, Desa Bantul, Kecamatan Bantul.

Soal tarif tera ulang, pedagang hanya perlu mengeluarkan uang Rp3.000 untuk biaya retribusi. Adapun reparasi, biayanya kurang lebih Rp25.000.

“Sampai Rabu sore ada 28 alat ukur yang kami tera, semuanya timbangan meja. Untuk menghindari kerusakan setelah ditera ulang para pedagang harus sering melakukan pengecekan kepada perangkat timbangnya, jika dalam jangka satu tahun ada alat timbang serta perangkat lainnya yang rusak maka para pedagang bisa mentera ulangkan alat mereka di Kantor UPT Metrologi,” ujar dia.

Made mengatakan bahwa tera ulang ini akan berlangsung hingga bulan Oktober mendatang di seluruh pasar yang ada di Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement