Advertisement

SMP Mugadeta Gelar Festival Robotik dan Gema Islami

Rahmat Jiwandono
Selasa, 29 Oktober 2019 - 01:57 WIB
Nina Atmasari
SMP Mugadeta Gelar Festival Robotik dan Gema Islami Perwakilan dari SMP Mugadeta saat berkunjung ke kantor Harian Jogja pada Senin (27/10/2019) sore. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - SMP Muhammadiyah Tiga Depok Kota Jogja (Mugadeta) berkunjung ke kantor Harian Jogja pada Senin (27/10/2019) sore. Kunjugan mereka dalam rangka silaturahmi sekaligus menyampaikan festival yang akan diselenggarakan oleh SMP Mugadeta.

SMP Mugadeta akan menggelar festival Robogim atau Festival Robotik dan Gema Islami pada Minggu (3/11/2019) mendatang di SMP Mugadeta, Jalan Rajawali 10 Demangan Baru, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Advertisement

Humas SMP Mugadeta, Eko Priyantoro mengatakan, peserta festival Robogim adalah siswa SD/MI sederajat kelas 4 sampai kelas 6. Menurutnya, lomba robotik pada tahun ini punya ciri khas sendiri.

"Kami mengangkat isu lingkungan berkaitan dengan robotik," kata dia kepada Harian Jogja, Senin (27/10/2019).

Ia menyebut robot yang digunakan adalah robot yang sudah didesain khusus untuk memilah sampah organik dan non organik. Peserta nantinya akan mengendalikan dua jenis robot yaitu robot pemilah serta robot pengangkut.

"Peserta mengambil sampah kemudian diletakkan di robot pengangkut untuk dipindah ke tempat yang telah disiapkan," ujarnya.

Tema mengenai lingkungan sengaja dipilih karena melihat peristiwa kebakaran hutan di Indonesia.

Peserta yang tertarik untuk mengikuti lomba robotik hanya perlu menyiapkan baterai. Untuk robot, arena, dan tempat pengisian baterai sudah disiapkan pihak sekolah.

Selain itu, gema islami melombakan cerdas cermat agama (CCA), tahfidz bacaan Al-Quran, dan menggambar Islami bertemakan Bangga Menjadi Anak Bangsa dengan Kebhinekaan.

Pihak sekolah menargetkan jumlah peserta robotik sebanyak 100 orang dimana satu tim terdiri dari dua orang. Sedangkan untuk lomba gema Islami target pesertanya berjumlah 200 orang.

"Kurang lebih total peserta 500 orang," jelasnya.

Dua tahun sebelumnya SMP Mugadeta juga menggelar event serupa. Tujuannya untuk mempromosikan SMP Mugadeta kepada masyarakat.

Eko mengklaim peserta yang sudah ikut lomba sebelumnya tidak hanya berasal dari Sleman saja. "Ada yang dari Kota Jogja dan Kabupaten Bantul," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement