Advertisement

Mau Tanami Lahan, Petani Bantul Diminta Menunggu Dahulu

Kiki Luqmanul Hakim (ST16)
Jum'at, 01 November 2019 - 09:07 WIB
Nina Atmasari
Mau Tanami Lahan, Petani Bantul Diminta Menunggu Dahulu Ilustrasi Minapadi - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Memasuki musim pancaroba yang diperkirakan BMKG DIY akan terjadi selama dua minggu, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan mengimbau para petani untuk wait and see yang artinya disuruh melihat keadaan. Jika turun hujan, petani segera bersiap tanam padi namun jika tidak, petani cukup menanam palawija.

“Metode wait and see itu memang biasanya diterapkan di musim-musim peralihan atau pancaroba, saluran-saluran yang sekiranya kotor atau tersumbat segera untuk dibersihkan supaya nanti jika hujan airnya lancar,” katanya ketika ditemui Harianjogja.com pada Rabu (30/10/2019).

Advertisement

Menurutnya para petani juga harus memanfaatkan saluran irigasi tersier sehingga memaksimalkan hasil panen ketika turun hujan. “Tapi ada beberapa wilayah juga yang sudah menanam, karena ini relatif ya, kalau lahannya memiliki sumber air maka para petani akan menanam, contohnya daerah Sanden, Srandakan,” ucapnya.

Sejauh ini di Bantul sendiri sudah ada beberapa daerah yang memulai musim tanam di antaranya adalah Sedayu dan juga Sewon, namun di beberapa daerah karena masih kekurangan air, para petani menanam tanaman yang sedikit menggunakan air seperti jagung, bawang merah.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa para petani harus melaksanakan gerakan olah tanam agar saat musim hujan tiba lahannya sudah siap untuk ditanami.

“Gerakan ini kita khususkan untuk para petani yang mempunyai sumber air cukup memadahi, selain itu mereka juga harus rajin membersihkan saluran-saluran irigasi agar saat turun hujan, air bisa bisa tersalurkan dengan lancar,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement