Sardjito Tegaskan 5 Pasien Negatif Corona

Sejumlah awak media mendengarkan penjelasan mengenai satu pasien rujukan di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, Rabu (29/01/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto
03 Maret 2020 22:17 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito menyatakan bahwa lima pasien yang mendapat perawatan khusus dinyatakan negatif terjangkit COVID-19.

Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Paru, RSUP Dr Sardjito, Ika Trisnawati menjelaskan para pasien yang sempat ditangani seluruhnya dinyatakan negatif. Sedangkan satu orang terakhir yang saat ini tengah dirawat, yang merupakan pasien rujukan dari sebuah RS pemerintah di Kota Jogja juga belum dinyatakan suspect.

Kelima orang tersebut terdiri dari empat orang WNA dan satu orang WNI. Ika menyebut untuk WNA, saat ini sudah pulang ke negaranya masing-masing dan satu orang WNI dalam kondisi yang baik.

"Pasien tersebut berjenis kelamin perempuan berusia 73 tahun, kalau di masyarakat disebut sepuh atau geriatri ya. Ia baru pulang dari umrah pada 1 Maret lalu, kemudian diketahui batuk-batuk," ungkapnya.

Setelah menerima pasien tersebut, RSUP Dr Sardjito langsung menangani pasien tersebut di ruang isolasi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh WHO. Pasien tersebut kini dinyatakan dalam kondisi stabil.

"Kemungkinan infeksi paru dan kondisinya saat ini stabil. Keakutan sudah diatasi. Sebelumnya tidak mau makan minum, lemahnya karena dehidrasi. Sampel dahak pasien saat ini sudah dikirim ke Litbangkes untuk dicek," ungkapnya.

Plt Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, Rukmono Siswishanto menegaskan, sampai saat ini belum ada pasien yang positif terjangkit COVID-19 di Sardjito. Ia meminta masyarakat jangan panik atau sampai memborong masker maupun antiseptik.

Sumber : Suara.com