Polisi Pastikan Tak Ada Penimbunan Masker di Kulonprogo

Masker - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
05 Maret 2020 13:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES - Kepolisian Resor Kulonprogo memastikan tidak ada aksi penimbunan masker di wilayah hukum Kulonprogo.

PLH Wakapolres Kulonprogo, Kompol Sudarmawan mengatakan berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah apotek sejak Selasa (3/3/2020) dan Rabu (4/3/2020), tidak ditemukan adanya indikasi penimbunan masker. Sebagian besar apotek menurutnya mengalami kekosongan stok masker dikarenakan sulit memperoleh barang tersebut dari pihak pemasok.

"Stok ada di beberapa apotek, tapi sebagian memang kosong, karena pihak apotek sulit peroleh barang tersebut," ucapnya, Kamis (5/3/2020).

Handoko pemilik Apotik di wilayah Wates, mengatakan stok masker saat ini memang menipis. Sejak munculnya kabar virus Corona Covid-19 menjangkiti dua warga Indonesia, masyarakat berbondong-bondong membeli masker di tempatnya.

Hal itu selain membikin stok menipis, harga masker juga melambung. Jika dulu satu boks masker dihargai Rp18.000 samapai Rp35.000, sekarang melonjak jadi kisaran Rp190.000 hingga paling mahal Rp350.000. Dengan harga segitu, satu buah masker saat ini dihargai Rp8.000.

"Kami terpaksa menyesuaikan harga, tapi kami tidak sembarangan menjual masker ini, ada pembatasan, supaya tidak terjadi penimbunan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab," ucapnya.