Advertisement

Upaya Penanganan Sudah Maksimal, DPRD Pertanyakan Penurunan Kemiskinan di Kulonprogo

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 13 Maret 2020 - 03:17 WIB
Nina Atmasari
Upaya Penanganan Sudah Maksimal, DPRD Pertanyakan Penurunan Kemiskinan di Kulonprogo Sebuah spanduk merah terpasang di salah satu sisi kompleks perumahan relokasi magersari, yang diperuntukkan bagi warga miskin terdampak pembangunan NYIA, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Komisi IV DPRD Kulonprogo melakukan rapat kerja dengan mitra kerjanya yaitu Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) di Ruang Arjuna Gedung DPRD Kulonprogo, Kamis (12/3/2020).

Dari pertemuan ini, Ketua Komisi IV, Istana menyampaikan bahwa persoalan kemiskinan sedang jadi topik pokok di komisinya. Untuk itu, ia berharap indikator kemiskinan dapat ditambah supaya program pengentasan kemiskinan bisa lebih tepat sasaran.

Advertisement

"Saya yakin Dinsos sudah kerahkan segala usaha untuk pengentasan kemiskinan, tapi nyatanya angka belum turun signifikan. Kulonprogo masih tergolong yang termiskin di DIY," kata Istana.

Politisi PDI Perjuangan itu menekankan pengentasan kemiskinan tak hanya bisa ditangani Dinsos, melainkan harus keroyokan dengan jawatan lain. Ia meminta Dinsos untuk bisa menambah indikator kemiskinan supaya sasarannya lebih optimal.

Dikatakannya, indikator itu perlu lebih dibuat spesifik, misalnya seperti keluarga miskin yang merokok maupun keluarga miskin yang punya sawah dan hewan ternak. Dengan ini, pengentasan kemiskinan bisa fokus pada keluarga yang benar-benar miskin.

Kepala Dinsos PPPA, Yohanes Irianta akan menanggapi hal ini setelah mendiskusikannya dengan Sekda Kulonprogo. Sementara ini ia sedang fokus melakukan pengentasan kemiskinan dengan pemberian BPNT APBD yang akan disalurkan pada Jumat (13/3/2020).

"Besok kami akan salurkan BPNT lewat e-warong di Kepek, Pengasih," katanya. Penyaluran BPNT ini akan diberikan pada 4.680 kelompok penerima manfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement