RSUD Wates Cek Tenaga Kesehatan yang Kontak dengan PDP

Simulasi penanganan pasien terjangkit virus Corona di RSUD dr. Moewardi Solo, Minggu (31/1/2020). - Solopos/Wahyu Prakoso
14 Maret 2020 08:07 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES - Humas RSUD Wates untuk penanganan Covid-19, dr. Albertus Sunuwata Triprasetya menuturkan bahwa saat ini RSUD Wates sudah tidak merawat maupun mengisolasi pasien yang pulang umrah.

Hal ini menyusul dipulangkannya satu orang dalam pemantauan (ODP) dan dirujuknya pasien dalam pengawasan (PDP) ke RSUP Sardjito pada Rabu (11/3/2020) lalu. Hingga sore ini, hasil cek lab PDP tersebut belum keluar dari Litbangkes Kemenkes.

Sementara itu, untuk mencegah penyebaran virus, RSUD Wates telah melakukan pengusutan terhadap tenaga medis yang sempat kontak dengan PDP. "Kami hanya cek petugas kesehatan kami, kondisinya baik," kata Sunu, Jumat (13/3/2020). Menurutnya, tenaga medis yang sempat kontak dengan PDP tidak menunjukkan gejala sakit.

Untuk pengusutan terhadap orang-orang di luar rumah sakit yang diduga sempat kontak dengan PDP, pihaknya menyerahkan ke Dinas Kesehatan Kulonprogo. Namun, hingga sore ini jawatan tersebut belum dapat dimintai keterangan terkait hal ini.

Sebelumnya diberitakan bahwa ODP yang dipulangkan untuk rawat jalan tersebut sempat transit di India dalam perjalanan umrah dan saat ini dalam pemantauan puskesmas. Sedangkan yang berstatus PDP juga pulang dari umrah dan transit di Malaysia.