Advertisement

Simulasi Lancar, Empat Destinasi Segera Uji Coba Pembukaan

David Kurniawan
Jum'at, 19 Juni 2020 - 19:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Simulasi Lancar, Empat Destinasi Segera Uji Coba Pembukaan Suasana Pantai Baron, Minggu (24/6/2018). - Ist/Satlinmas Rescue Istimewa Wil II Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul optimistis objek wisata di Gunungkidul bisa dibuka meski masih sebatas uji coba. Keyakinan ini tidak lepas dari hasil evaluasi simulasi pembukaan destinasi wisata yang berlangsung selama beberapa hari terakhir.

Sekretaris Dispar Gunungkidul, Hary Sukmono, menyatakan jajarannya sudah mengevaluasi hasil simulasi pembukaan objek wisata. Evaluasi tidak hanya dilakukan di internal Pemkab, tetapi juga melibatkan Dinas Pariwisata DIY.

Advertisement

BACA JUGA: Ini 5 Zona yang Diterapkan di Malioboro! Masing-Masing Maksimal Diisi 500 Pengunjung

“Ada sejumlah catatan seperti perlu penambahan fasilitas cuci tangan hingga kesiapan petugas di pos pintu masuk. Tetapi secara umum simulasi berjalan baik sehingga bisa dilanjutkan ke tahapan uji coba,” kata Hary, Jumat (19/6/2020).

Menurut dia, pelaksanaan uji coba merupakan momen yang sangat penting karena pelaksananaan sudah seperti pembukaan destinasi setelah beberapa bulan tutup karena pandemi Corona. Dalam uji coba bakal melibatkan masyarakat secara umum dari berbagai daerah. “Catatan penting dalam uji coba harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Jadi, siapapun bisa datang asalkan memenuhi peraturan tentang protokol kesehatan selama pandemi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pengunjung Malioboro Dibatasi Maksimal Hanya 2.500 Orang

Meski demikian, di dalam uji coba tidak semua destinasi dibuka. Sesuai dengan pelaksanaan simulasi,  destinasi yang dibuka baru Cave Tubing Kalisuci pada Senin (22/6/2020). Selanjutnya, pembukaan secara bertahan akan dilakukan di Gunung Api Purba Nglanggeran, Pantai Baron, dan Kukup. “Fokus uji coba di empat destinasi ini. Objek wisata lainnya menyusul setelah uji coba,” katanya.

Disinggung mengenai kepastian pembukaan, Hary belum bisa mengungkapkan secara pasti. Meski demikian, ia menargetkan pada Senin (22/6/2020) keempat destinasi sudah bisa dibuka untuk melayani pengunjung. “Kami masih mengurus administrasinya dan mudah-mudahan segera ada kepastian untuk pembukaan,” katanya.

BACA JUGA: Konsultasi Publik Proyek Tol Jogja-Solo Selesai, IPL Ditarget Turun Juli

Kepala Dispar Gunungkidul, Asti Wijayanti, menambahkan selama pandemi Corona ada hal-hal yang harus dipatuhi. Untuk keamanan, ada pembatasan jumlah pengunjung maupun jam buka destinasi. Apabila di waktu normal tidak ada pembatasan, baik jam buka atau jumlah pengunjung yang datang, maka selama pandemi jam buka dibatasi hingga sore hari, sedangkan untuk jumlah pengunjung dibatasi separuh dari kapasitas normal.

“Tentunya protokol kesehatan pencegahan Corona tetap harus diterapkan agar tidak memicu munculnya klaster atau kasus positif Covid-19 baru,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement