Advertisement

Wisatawan Diprediksi Membeludak, Thermo Gun & Petugas di Malioboro Diperbanyak

Catur Dwi Janati
Jum'at, 14 Agustus 2020 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Wisatawan Diprediksi Membeludak, Thermo Gun & Petugas di Malioboro Diperbanyak Sejumlah andong wisata mangkal di Jalan Malioboro, Jogja, Selasa (16/06/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Libur Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada hari Senin (17/8/2020) memperpanjang rentetan libur akhir pekan. Antisipasi sejumlah obyek wisata pun dilakukan tak terkecuali di kawasan Malioboro.

Kepala UPT Malioboro, Ekwanto menyebutkan beberapa persiapan jelang akhir pekan panjang telah dilakukan. Salah satunya memperbanyak jumlah Thermo Gun.

Advertisement

Thermo Gun ada sepuluh. Menurut Ekwanto di akhir jumlah pengunjung sudah ramai seperti normal. "Kalau akhir pekan sudah ramai seperti kondisi normal, seneng tapi takut, takutnya terjadi kluster [Covid-19] terus harus puasa lagi," ujarnya dihubungi Jumat (14/8/2020 )

Salah satu zona bahkan sempat penuh. Akhir pekan lalu jumlah pengunjung Malioboro menurut catatan Ekwanto lebih dari seribu orang. "Kemarin baru penuh sekali, kita info kan lewat radio sehingga para pengunjung bisa segera bergeser," ujar Ekwanto. Kendati demikian pembatasan kapasitas tiap zona Malioboro tetap dipatok 500 orang sekali waktu.

Dalam rangka mengantisipasi lonjakan pengunjung di akhir pekan panjang pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi. Petugas Jogoboro akan mendapatkan bantuan Satpol PP dan Dishub untuk siaga di tiap zona. Rencananya ada lebih 80 personil petugas yang akan disiagakan di kawasan Malioboro.

"Petugas Jogoboro tetap di-back up Satpol PP Kota Jogja dan Dishub, baik pengurai kerumunan ataupun membantu tidak ada yang melanggar arah oneway, agar tidak kerumunan, dan dapat diurai," terangnya.

Menurut penuturan Ekwanto kesadaran pengunjung untuk beridiri di marka penanda masih sangat rendah. Sementara itu Ekwanto juga mengakui masih ada beberapa pengunjung melanggar marka oneway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement