Advertisement

Warga Kawasan Malioboro Diedukasi Pentingnya Penggunaan Masker

Sunartono
Kamis, 01 Oktober 2020 - 23:50 WIB
Sunartono
Warga Kawasan Malioboro Diedukasi Pentingnya Penggunaan Masker Pembagian masker dan edukasi pentingnya penggunaan masker kepada warga di Kawasan Malioboro, Kamis (1/10/2020). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah instansi gabungan melakukan pembagian masker dan edukasi penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) di kawasan Malioboro, Kamis (1/10/2020) sore. Penerapan 3M tersebut dinilai sebagai bagian dari bela negara dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Badan Koordinator Wilayah Forum Kader Bela Negara (FKBN) Kemenhan RI Heruwintoko menjelaskan kegiatan edukasi dan pembagian masker itu menindaklanjuti Inpres No.6/2020 serta aturan turunan yaitu Pergub DIY No.7/2020 tentang penegakan hukum penerapan disiplin protokol Kesehatan. Menurutnya aksi yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila itu dilakukan bersama TNI AD, TNI AL, Kepolisian serta instansi swasta dalam hal ini PT Menjangan Mandiri Sejahtera untuk bersama memberikan edukasi terutama penggunaan masker di Kawasan Malioboro.

Advertisement

BACA JUGA : Pemkot Jogja dan TP PKK Kuatkan Protokol Cegah Covid-19 

“Selain membagikan masker, sekaligus operasi yustisi gabungan, masyarakat diedukasi pentingnya memakai masker, bahwa melindungi diri sendiri dan orang lain itu penting untuk mencegah penularan virus corona, apalagi di DIY cukup mengkhawatirkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan meski tingkat kesadaran masyarakat di Kota Jogja cukup tinggi dalam memakai masker, namun edukasi dan kampanye terus dilakukan. Pihaknya ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa menaati protokol kesehatan melaksanakan 3M itu bagian dari bela negara. Karena hakekatnya membela negara tidak semata-mata melalui bentuk fisik namun mencegah terjadinya wabah bisa disebut bela negara.

BACA JUGA : Duh, 80% Pelanggar Masker di Kota Jogja adalah Generasi 

“FKBN pembagian masker 3.000 dimulai di Kota Jogja, ini bagian dari bela negara. Menerapkan 3M ini bagian dari bela negara, ini kami sosialisasikan ke masyarakat. Termasuk kami instruksikan kepada 700 kader FKBN seluruh DIY untuk melakukan edukasi masker,” ujarnya.

Dandim 0734 Kota Jogja Kolonel Arm Tejo Widhuro menambahkan kawasan Malioboro disasar sebagai tempat edukasi dan pembagian masker karena termasuk tempat yang ramai. Dalam giat itu pihaknya lebih mengedepankan edukasi karena penegakan hukum merupakan wewenang Satpol PP.

“Misalnya ada yang tidak membawa masker ya kami berikan masker sembari diberikan pemahaman bahwa memakai masker saat ini merupakan kebutuhan setiap orang untuk mencegah terpaparnya virus,” ujarnya.

BACA JUGA : Edukasi Protokol Covid-19 Digencarkan di Perkampungan 

Tejo menambahkan setiap hari pihaknya menerjunkan personel untuk masuk dalam operasi gabungan bersama kepolisian dan Satpol PP. “Setiap hari anggota membawa lima lembar masker, ini untuk antisipasi kalau di jalan bertemu dengan warga yang tidak memakai masker lalu diberikan masker,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement