Duh...Belum Dua Bulan Direvitalisasi, Kawasan Tugu Jogja Sudah Rusak

Kondisi sekitar manhole cover saluran ducting di kawasan Tugu Jogja pada Kamis (4/2/2021) setelah sebelumnya rusak.-Harian Jogja - Catur Dwi Janati
04 Februari 2021 17:27 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Belum genap dua bulan pasca-diresmikan, kawasan Tugu Pal Putih yang belum lama direvitalisasi, kini sudah rusak. Nampak sebagian beton cor yang mengelilingi penutup manhole cover saluran ducting retak hingga pecah.

Kerusakan paling parah merembet pada rusaknya paving block jalan di sekitar manhole cover saluran ducting. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Hari Setyowocono membenarkan terjadi kerusakan dan ada juga yang kurang presisi.

Kerusakan yang terjadi menurut Hari dapat disebabkan oleh pengaruh hujan. Namun pihaknya masih menelusuri lebih lanjut terkait penyebab kerusakan tersebut. "Bisa juga pengaruh hujan nanti kami telusuri," terangnya pada Kamis (4/1/2021).

Diterangkan Hari perbaikan telah dilakukan karena masih termasuk dalam rangka masa pemeliharaan dan tanggung jawab kontraktor. "Dalam rangka masa pemeliharaan. Ada yang rusak ada yang kurang presisi, yang jelas masa pemeliharaan untuk perbaikan-perbaikan," tandasnya.

BACA JUGA: Sehari 321 Orang Positif, Covid-19 di DIY Nyaris Tembus 23.000

Dari pantauan lapangan, perbaikan yang dilakukan dengan cara menyemen ulang di sekitar manhole cover saluran ducting. Selain itu penggantian paving block pun dilakukan pada sejumlah paving block yang rusak. Saat ini lokasi perbaikan masih diberi pagar.