Advertisement

32 Tahun Sultan Jogja Bertakhta, Ini Kesan GKR Mangkubumi

Sunartono
Senin, 08 Maret 2021 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
32 Tahun Sultan Jogja Bertakhta, Ini Kesan GKR Mangkubumi Sri Sultan Hamengku Buwono X. - Harian Jogja/Desi SUryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Parwabudaya Kraton Ngayogyakarta GKR Mangkubumi mengungkapkan kesannya terhadap Sri Sultan HB X dalam acara Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X yang ke-32 tahun pada Minggu (7/3/2021).

GKR Mangkubumi mengatakan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat tidak menyelenggarakan peringatan kenaikan takhta seperti tahun-tahun sebelumnya akibat adanya pandemi. "Kami tidak mengadakan seperti tahun sebelumnya. Kalau hajad dalem kan selalu ada, cuma tidak melakukan seperti tahun sebelumnya yang banyak orang, tidak seperti itu," kata putri sulung HB X ini.

Advertisement

Mangkubumi mengungkapkan sosok HB X sebagai Raja Kraton yang telah bertakhta selama 32 tahun hidupnya lebih banyak untuk mengabdi untuk masyarakat. Soal pengabdian ini pula yang selalu diajarkan HB X kepada putri-putrinya.

BACA JUGA: UGM Mundur dari Penelitian Vaksin Nusantara, Ini Penyebabnya

"Pengabdian kepada masyarakat itu yang menjadi bahwa hidupnya Ngarso Dalem itu mengabdi, ora dumeh. Itu pun disampaikan kepada anak-anaknya, kalau sudah selesai sekolah tugasmu ya mengabdi," ujarnya sembari menirukan pesan HB X.

Mangkubumi juga mengungkap HB X yang selalu berpesan kepadanya soal hidup mandiri. Tanggungjawab orangtua hanya sampai sekolah dan jika telah selesai maka harus bekerja sesuai keahlian.

"Beliau selalu berpesan sebagai anak perempuan itu tetap harus mandiri, tugas orangtua hanya sampai sekolah, kalau sudah selesai ya harus cari uang sesuai pedidikanmu, dapat uang dari bekerja.
Mungkin pandangan orang lain mengira kita enak, dikasih uang untuk bikin perusahaan, kita enggak seperti itu," katanya.

Serasehan Jumenengan Dalem HB X digelar secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Menghadirkan narasumber antara lain akademisi Profesor Edy Suandi Hamid, Sekber Keistiwaan DIY, Widihasto Wasana Putra dan Ketua Dewan Penasihat Kadin DIY Robby Kusumaharta. Ketiganya memaparkan berbagai pengalaman mereka hingga penilaian kontribusi Sri Sultan Hamengkubuwono X terhadap DIY, baik dari sisi pendidikan, ekonomi hingga keistimewaan DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement