Generasi Muda Didorong Kembangkan Karya Ilmiah

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY, Anik Ghufron, menyampaikan sambutan dalam webinar Gain Achievement For The Future, Minggu (2/5/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah.
03 Mei 2021 07:57 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, DEPOK--Memotivasi generasi muda untuk terus berkarya, Tim Garuda UNY menggelar Webinar yang mengusung tema Gain Achievement For The Future, MInggu (2/5/2021). Kegiatan ini diikuti tak kurang dari 400 peserta yang terdiri dari siswa SMA/SMK dan mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY, Anik Ghufron, menjelaskan dengan visi generasi Indonesia emas pada 2045 mendatang, pemerintah telah membuat sejumlah revitalisasi pendidikan, salah satunya dengan konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

BACA JUGA : Disdikpora Terus Dorong Guru Hasilkan Karya Ilmiah 

“Harapanya peserta didik diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengapresiasi, membuat terobosan dan seterusnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kini ditambahi tugas ristek, mudah-mudahan banyak bermunculan anak muda yang memiliki jiwa inovasi dan kreatif sehingga diperoleh jati diri generasi muda Indonesia sebagai generasi yang berkarya inovasi,” ujarnya.

Fakultas Teknik UNY kata dia, memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) rekayasa robotic yakni Garuda UNY. Dari kegiatan ini ia berharap bisa mengantarkan mahasiswa menjadi inovator dan bisa membuat model bisnis startup.

“Ketemunya nanti adalah untuk meningkat kesejahteraan bangsa Indonesia. Kurikulum yang diberikan tidak bisa lepas dari literasi data, teknologi dan humanistik. Dikemas dalam kurikulum yang mengacu pada konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka,” katanya.

BACA JUGA : Minat Guru di Gunungkidul Dalam Membuat Karya Ilmiah 

Webinar ini merupakan salah satu rangkaian menuju Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional. Maka webinar dibuka dengan materi How To Write A Good Scientific Paper, yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik UNY, Herman Dwi Surjono.

Ia menjelaskan penulisan ilmiah merupakan salah satu bentuk teknik penulisan untuk komunikasikan informasi ilmiah. “Penulisan ilmiah bertujuan salah satunya untuk menghasilkan karya ilmiah sebagai acuan atau penelitian pendahuluan bagi penelitian selanjutnya,” ujarnya.

Terdapat setidaknya empat karakteristik dalam penulisan ilmiah, yakni isinya menyajikan pengetahuan atau gagasan untuk pemecahan masalah, pengetahuan didasarkan fakta, mengandung kebenaran objektif dan menggunakan bahasa baku yang disajikan dengan sistematika penulisan.

BACA JUGA : Masyarakat Lebih Mudah Mengunduh Karya Ilmiah di UGM

Karena kegiatan Tim Garuda UNY tidak jauh dari dunia robot dan otomotif, maka dalam webinar ini juga disampaikan materi yang cukup menarik minat generasi muda yakni How To Be A Racer, yang disampaikan oleh pembalap touring dan drag race, Dhany Eka Saputra.

Ia menceritakan pengalamannya menjadi pembalap dan kebanyakan pembalap lainnya, dengan mengawali aktivitas balap dari gokart. “Dari gokart kami belajar mengenal karakter mobil understeer dan oversteer, memahami apa itu racing line dan belajar cara menyalip yang benar,” ungkapnya.