Selama Pandemi, Minat Masyarakat Budidaya Tanaman Anggrek Meningkat

Sejumlah pengunjung mengamati tamanan anggrek di Gallery Von Florist Jogja, Rabu (23 - 6). Ist
24 Juni 2021 09:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN– Untuk menghindari kejenuhan selama Pandemi Covid-19, minat warga untuk menanam dan merawat tanaman anggrek mengalami peningkatan. Bahkan Pemerintah Kabupaten Sleman menanam anggrek di lingkungan perkantoran untuk memperkenalkan berbagai jenis varietas tanaman anggrek di Sleman.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan penanaman anggrek di lingkungan perkantoran Pemkab Sleman bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat ikut mengembangkan budidaya anggrek di rumah dan lingkungannya. "Budidaya anggrek kalau ditekuni secara sunguh-sungguh, maka potensi ekonominya cukup besar dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya, Rabu (23/6/2021).

Pemkab Sleman, katanya, berkomitmen untuk menjadi pusat pengembangan dan budidaya anggrek. Upaya dan langkah strategis serta kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan. Kondisi ini pun menarik minat pengusaha untuk memperluas penjualan anggrek di wilayah DIY.

Direktur Von Florist Yvonne Mustika Sutanto mengatakan Von Florist merupakan distributor Ekakarya Graha Flora untuk memproduksi tanaman Anggrek Bulan, Dendrobium, Anthurium, dan Vanda di Indonesia. "Setelah membuka galerry di Surabaya, saat ini kami juga membuka gallery di Jogja," katanya.

Baca juga: Tak Bawa Surat Tes Antigen, Wisatawan Luar DIY Akan Diminta Pergi

Menurut Yvonne, di tengah pandemi tidak seluruh usaha menurun. Sejumlah usaha justru meningkat seperti usaha penjualan tanaman hias. Alasannya, banyak anggota keluarga yang memiliki hobi baru yaitu menanam dan merawat tanaman bunga untuk mengisi waktu luang di tengah pandemi.

Tidak hanya tanaman, penjualan pot-pot bunga juga mengalami peningkatan lantaran hobi baru masyarakat merawat tanaman selama pandemi Covid-19. "Kami melayani penjualan bunga anggrek hidup dan rental bunga anggrek untuk berbagai jenis kebutuhan. Pembukaan gallery di Jogja bagian dari dukungan kami terhadap pemerintah dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19," terang Yvonne.