Tahun Baru, Jalan Parangtritis & Jalan Wonosari Akan Macet

QR code terpasang di TPR Parangtritis, Jumat (7/5/2021). - Harian Jogja/Jumali
21 Desember 2021 19:07 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul memperkirakan dua jalan di Bantul bakal dipadati lalu lintas kendaraan hingga macet selama libur Tahun Baru 2022. Kedua jalan tersebut adalah Jalan Parangtritis dan Jalan Wonosari Piyungan.

“Kami lakukan rekayasan dengan cara mengalihkan kendaraan tergantung situasi. Kalau terjadi kemacetan akan kami lakukan rekayasan khususnya di Jalan Parangtritis dan Jalan Wonosari. Dua lokasi itu rawan macet karena jumlah kendaraan begitu banyak,” kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan, Selasa (21/12/2021).

BACA JUGA: 10 Provinsi dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama Terbaik di Indonesia, Ada DIY

Rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan adalah dengan penerapan ganjl genap khususnya kendaraan yang menuju kawasan wisata Parangtritis. Kapolres mengatakan libur Tahun Baru 2022 ini bertepatan dengan tanggal ganjil yakni 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 sehingga semua kendaraan yang akan menuju Parangtritis adalah kendaraan berpelat nomor ganjil.

Sementara kendaraan berpelat nomor genap akan diarahkan ke Pantai Samas dan sekitarnya. Polres akan menempatkan sejumlah personel di sejumlah simpang dari mulai Simpang Tiga Tembi, Simpang Empat Manding, Simpang Empat Patalan, Simpang Empat Parker, dan terakhir di Simpang Ngangkruk. Personel tersebut memberikan imbauan dengan tulisan yang menyebut kendaraan berpelat ganjil boleh lurus dan kendaraan genap harus berbelok. “Sampai terakhir di Pos Gangkruk ada pengalihan bagi kendaraan berpelat genap menuju Samas, yang ganjil masuk Parangtritis,” ujar Ihsan.

Sementara di Jalan Wonosari, kata Ihsan, akan dipasang barrier atau pembatas jalan di kawasan Bukit Bintang yang menjadi fokus kerumunan, tepatnya di bagian jembatan. Sepanjang pinggir jalan Bukit Bintang akan dipagar dengan pembatas agar tidak ada kendaraan parkir di pinggir jalan yang menyebabkan kemacetan.

BACA JUGA: Siap-Siap Macet! Kendaraan Bebas Masuk Malioboro pada Malam Tahun Baru

Ihsan mengatakan jika upaya tersebut belum membuahkan hasil, Polres Bantul akan mengerahkan 10 personel anggota tim urai kepadatan kendaraan yang dibekali dengan motor trail. “Personel tersebut akan mengalihkan arus kendaraan sementara untuk masuk jalan-jalan kampung di Berbah agar Jalan Wonosari terurai. Munculnya tetap di Jalan Wonosari,” ujar Ihsan.

Ihsan menambahkan libur Tahun Baru ini diprediksi akan ramai karena tidak ada penyekatan jalan. Bahkan saat ini saja sejumlah objek wiaata di Bantul sudah mulai ramai dan dipadati wisatawan. Hotel-hotel juga penuh. Oleh karena itu meski tidak ada penyekatan, kepolisian tetap melakukan rekayasa lalu lintas supaya arus lalu lintas tetap lancar.