Advertisement

Jelang Dies Natalis, FK-KMK UGM Gaet Alumni Dorong Pemulihan Bersama

Lajeng Padmaratri
Selasa, 01 Maret 2022 - 12:52 WIB
Budi Cahyana
Jelang Dies Natalis, FK-KMK UGM Gaet Alumni Dorong Pemulihan Bersama FK-KMK UGM melakukan kunjungan ke redaksi Harian Jogja untuk menginformasikan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-76 FK-KMK UGM dan Annual Scientific Meeting 2022 pada Selasa (1/3/2022). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Di tengah pandemi Covid-19, FK-KMK UGM tetap berupaya memberikan kontribusi pemulihan masyarakat dalam peringatan Dies Natalis ke-76 yang akan jatuh pada 5 Maret 2022 mendatang.

Ketua Dies Natalis FK-KMK UGM Ardhanu Kusumanto menuturkan rangkaian acara Dies Natalis ke-76 FK-KMK UGM memuat beragam kegiatan. Seperti kegiatan temu alumni yang juga menggiatkan aksi bakti sosial di lembaga pemasyarakatan pada 30 provinsi di Indonesia, kegiatan perlombaan, ziarah dan anjangsana, family gathering, serta annual scientific meeting.

Advertisement

"Kegiatan puncak dies natalis akan diselenggarakan pada Senin 7 Maret mendatang secara daring via YouTube FK-KMK UGM," ujar Ardhanu ketika berkunjung ke redaksi Harian Jogja, Selasa (1/3/2022).

Meski masih harus beradaptasi dengan pandemi, ia berharap momen ini bisa memberikan harapan baru bahwa untuk memajukan program penelitian memerlukan kerja sama lintas disiplin dengan berbagai pihak. Kerja sama bisa mengikis batasan antar profesi dan memupuk kepercayaan terhadap kapasitas serta kompetensi tim sehingga masa depan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang digiatkan institusi mampu berjalan ke arah yang lebih baik.

Salah satu rangkaian yang akan memberikan kontribusi penting dari FK-KMK kepada masyarakat ialah melalui Annual Scientific Meeting (ASM) 2022. Mengangkat tema Adaptasi Pendidikan Kedokteran Kesehatan untuk Mendukung Ketangguhan Sistem Kesehatan Indonesia, ASM 2022 diselenggarakan oleh Keluarga Alumni UGM (KAGAMA) Kedokteran.

"Dalam ASM ini akan banyak diskusi. Yang ikut tidak hanya dari UGM saja, tapi bisa dari [studi] yang lain. Visinya juga kemudian tentang teknologi kedokteran, pendidikan, pengembangan kurikulum, dan pengembangan robotik untuk alat-alat kesehatan serta pendukung media belajar," tutur Sri Awalia Febriana, Seksi Publikasi ASM FK-KMK UGM.

Tema ASM 2022 ini dirancang sejalan dengan isu prioritas pertama bidang kesehatan, yaitu membangun global health resilience. Dalam gelaran yang puncaknya dilaksanakan pada 5 Maret mendatang diharapkan bisa memberikan kontribusi pemikiran di dunia kedokteran kesehatan.

"Alumni itu kan mempunyai peran yang sangat penting dalam peran serta FK-KMK. Kegiatan ini pesertanya yang diharapkan memang banyak dari alumni. Salah satu yang istimewa yaitu keynote speaker adalah Menteri Kesehatan dan Menristek, jadi banyak isu-isu yang bagi alumni sangat penting untuk diinformasikan," imbuh Suhardjanto, Seksi Publikasi ASM FK-KMK UGM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan IKN Capai 80 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement