Advertisement

Aktivitas Merapi Meningkat, Pencari Rumput Diawasi

Abdul Hamied Razak
Kamis, 10 Maret 2022 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Aktivitas Merapi Meningkat, Pencari Rumput Diawasi Bukit Klangon di Lereng Merapi. - Harian Jogja/Daffa Firdaus Najati/ST20

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman akan memantau aktivitas pencari rumput di lereng Merapi menyusul erupsi besar pada Rabu (9/3/2022) malam.

BACA JUGA: Ujung Material Merapi Berhenti di Km 5, Ini Foto-Fotonya..

Advertisement

Kepala Pelaksana BPBD Sleman Makwan mengatakan BPBD dan pemerintah kalurahan akan memantau pergerakan warga yang mencari rumput agar tidak menjadi korban panasnya awan Merapi.

“Kami bersama kalurahan akan memantau para perumput agar tidak muncul korban kalau ada potensi luncuran awan panas lagi. Sebab titik terjauh awan panas guguran Merapi ada di bunker,” kata dia, Kamis (10/3/2022).

Makwan mengatakan pemerintah menutup sementara area penambangan pasir di sungai-sungai yang berhulu Merapi. Tidak hanya itu, dua objek wisata untuk sementara ditutup.

“Kami pastikan kegiatan galian C steril dari aktivitas penambangan. Termasuk untuk kegiatan wisata Kaliadem dan Klangon. Termasuk objek wisata sunrise yang berada di lereng Merapi,” ujar dia.

BACA JUGA: Ratusan Warga Lereng Merapi Kembali ke Rumah, Wisata dan Tambang Ditutup

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono mengatakan saat ini instansinya menyiapkan penutupan sementara aktivitas objek wisata di wilayah selatan lereng Merapi. Selain Wisata Bunker Kaliadem di Kepuharjo, Cangkringan, Bukit Klangon di Glagaharjo juga ditutup sementara.

“Ini berdasarkan hasil koordinasi dengan BPBD Sleman dan para lurah,” ujarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement