Advertisement

Rayakan HUT ke 106 Kabupaten Sleman, Pemkab Gelar Doa Syukur Bersama

Lugas Subarkah
Rabu, 20 April 2022 - 16:03 WIB
Arief Junianto
Rayakan HUT ke 106 Kabupaten Sleman, Pemkab Gelar Doa Syukur Bersama Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, memberi sambutan dalam Peringatan Nuzulul Qur'an dan Doa Syukur Umat Islam, di Masjid Agung Sleman, Selasa (19/4/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Sebagai salah satu rangkaian Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman yang tahun ini jatuh bertepatan dengan Ramadan, Pemkab Sleman menggelar Peringatan Nuzulul Qur'an dan Doa Syukur Umat Islam. Bertempat di Masjid Agung Sleman, Selasa (19/4/2022) malam, peringatan ini menghadirkan Wakil Dekan III UIN Sunan Kalijaga, Abdur rozaki, sebagai penceramah.

Dalam sambutannya, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menjelaskan Nuzulul Qur'an merupakan hari diturunkannya Al Qur'an, dengan kata pertama iqro’, yang berarti bacalah. “Dengan diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk, kita harus membaca. Tidak hanya membaca, tapi juga mendalami isinya dan mengimplementasikannya di kehidupan,” ujarnya, Selasa.

BACA JUGA: Jelang Mudik, Sleman Kebut Perbaikan Jalan

Pengimplementasian kandungan Al Qur'an dalam kehidupan salah satunya dengan peduli kepada masyarakat di sekitar. Sebagaimana tema Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman yakni Sesarengan Bangun Sleman, Sleman Gumregah, semua pihak harus saling membantu untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat Sleman.

“Dengan peringatan Hari Jadi tahun ini kita bangkit bersama membangkitkan perekonomian di Sleman. Mari bersama membantu saudara tingkatkan ekonomi. Supaya kita peduli lingkungan kita. Mari bersama borong bareng, kepedulian kita diperlukan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Kustini juga bersyukur saat ini Sleman memasuki bulan Ramadan dalam status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, sehingga sudah bisa melaksanakan berbagai kegiatan ibadah dengan lebih leluasa, terutama ibadah Tarawih.

BACA JUGA: Pengin Liburan Lebaran di Sleman, Ini Jalur Tengkorak dan Rawan Macetnya

Meski begitu, dia tetap mengingatkan agar masyarakat tetap menggunakan masker dalam menjalankan setiap kegiatan di luar rumah. Dalam menghadapi hari raya Idulfitri, Kustini memastikan kebutuhan pokok masyarakat akan terpenuhi asal membeli dengan bijak.

“Untuk ibu-ibu, Insyaallah stok gandum, beras, minyak goreng, walau naik, lalu gula, persediaan di Bulog masih tercukupi. Belanja secukupnya, jangan panic buying. Insya Allah sampai hari ketujuh setelah lebaran masih ada,” katanya.

Kabag Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Sleman, Mustadi, menuturkan peringatan Nuzulul Qur’an yang diikuti oleh ASN di lingkungan Pemkab Sleman tersebut bertujuan mempererat tali silaturahim antar-ASN dan masyarakat serta jemaah di Masjid Agung Sleman.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut juga disalurkan pula secara simbolik santunan dari zakat, infak dan sedekah oleh Baznas Sleman kepada dua penerima warga Sleman, yakni Sumartini dan Tukijem.

“Jumlah pentasarufan pada Ramadan tahun ini sebesar Rp1,2 miliar yang dibagi dalam berbagai kegiatan,” ungkapnya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta untuk Tragedi Stadion Kanjuruhan

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement