Advertisement

Terlahir Tak Memiliki Tangan dan Kaki, Lili Bisa Produktif di Internet

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 18 Juni 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Terlahir Tak Memiliki Tangan dan Kaki, Lili Bisa Produktif di Internet Kimberly Aprilia Harefa alias Lili perempuan difabel dalam diskusi Difabel Bisa Produktif di Internet melalui platform Live Streaming GoPlay yang digelar beberapa waktu lalu. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Kimberly Aprilia Harefa perempuan berusia 26 tahun ini tak memiliki tangan dan kaki. Padahal Lili, sapaan akrabnya ingin sekali membantu ibunya berjualan tempe dan lele penyet. Apa yang bisa dia kerjakan?

Lili seorang tuna daksa asal Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur. Lili anak pertama dari dua bersaudara. "Selama ini aku belum bisa beri apa-apa buat keluarga. Sekarang nggak nyangka juga bisa dapat uang dari live streaming online," kata Lili yang hadir pada diskusi “Difabel Bisa Produktif di Internet” melalui platform Live Streaming GoPlay, Kamis (16/6/2022).

Lili membagi pengalamannya kepada banyak pemirsa dalam disksusi live streaming GoPlay tersebut. Bagaimana ia berselancar di dunia online untuk terus kreatif sekaligus memiliki pergaulan yang tiada batas. Menurutnya, live streaming berbeda dengan aplikasi online lain yang dia tidak bisa langsung mendengar respons dari penontonnya.

Lili banyak bertemu teman baru saat live dan bahkan memiliki penggemar setia yang selalu hadir tiap kali dia live di GoPlay. "Namanya Yonathan siswa SMP dari Tangerang. Yonatan rajin memberi komen dan membalas komen-komen lain yang masuk. Obrolan dengan Yonatan bisa seru, sambil lihat-lihat gambar. Selain Yonatan, ada juga akun Ikadakimas dan Alim dari jogja,” kata Lili.

Baca juga: BRI Terus Dorong Difabel untuk Mandiri dan Berdaya

Lili semakin bersemangat karena ia menerima banyak virtual gift dari penonton dan penggemarnya yang dia dapatkan setiap live. "Nilainya besar sekali lebih dari gaji saya. Sekali live bisa sampai Rp200.000. Senang sekali pokoknya mau buat bantu ibu buka warung penyetan," ungkap Lili.

Lili awalnya hanya memiliki penghasilan tetap tak sampai Rp1 juta sebulan sebagai HRD sebuah lembaga khusus untuk difabel. Bila ia sukses di platform Live Streaming, Lili mengaku akan mencoba aktif di Instagram. Dia ingin mendalami dunia konten kreator. "Instagram sama GoPlay tampaknya cocok untuk teman-teman difabel. Karena tidak sesulit bikin video di Youtube ya," kata Lili.

Koordinator Jogja Startup Foundation (JSF), Anggoro, mengatakan kasus-kasus seperti Lili banyak sekali terjadi di seluruh dunia. Lili kemudian menjajal aneka peluang media sosial untuk mendapat atensi sehingga bisa dapat teman sekaligus kalau bisa ya pendapatan tambahan.

"Tapi platform yang mengharuskan memiliki followers lebih dulu ternyata kurang cocok untuk profil seperti Lili," kata Anggoro dalam diskusi tersebut.

Menurut Anggoro, platform live streaming memungkinkan penonton memberi virtual gift yang bisa diuangkan sehingga cocok sebagai ruang bagi orang-orang seperti Lili. Platform tersebut, lanjut Anggoro, elemennya bukan hanya hiburan, keren-kerenan, gosip-gosipan tetapi juga berisi inspirasi, rasa ingin mendukung dari para penonton pada Lili.

Advertisement

"Lili kemudian mencoba menggambar live di GoPlay dan hasilnya lumayan. Lili semangat sekali dan mengajak teman-temannya untuk juga ikut live streaming," papar Anggoro.

Menurut Anggoro, penonton Lili saat Live Streaming tidak terlalu banyak antara 40-100 orang namun mereka bisa langsung berinteraksi dan berbagi. "Lili bahkan bisa memutarkan lagu permintaan penontonnya dari laptopnya, bahkan ikut bernyanyi, dan kemudian bercakap, dan menerima semangat tiap kali dia menggerakkan mulutnya,” kata Anggoro. *

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kena Covid, Korea Utara Salahkan Balon Udara dari Korea Selatan

News
| Sabtu, 02 Juli 2022, 16:27 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement