Advertisement

PMK Merebak, Peternak di Jogja Justru Raup Untung Menjelang Idhuladha

Triyo Handoko
Jum'at, 24 Juni 2022 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
PMK Merebak, Peternak di Jogja Justru Raup Untung Menjelang Idhuladha Ilustrasi penjualan hewan kurban. - Bisnis/Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Peternak hewan kurban di Jogja meraup untung menjelang Idhuladha. Faktor sulitnya mendapat hewan kurban di tengah wabah PMK jadi sebabnya. Keuntungan peternak diperoleh dari naiknya harga jual ternak.

Pengelola UD Segar Farm Sudi Haryoso menyebut kenaikan harga mencapai Rp1-2 juta untuk sapi, Rp500.000-700.000 untuk kambing. “Total kami ada 20 ekor sapi dan 15 ekor kambing sudah laku semua,” jelasnya, Jumat (24/6/2022).

Advertisement

Pembeli hewan ternak UD Segar Farm, kata Sudi, adalah mereka yang mau berkurban. “Jadi langsung ke mereka yang mau kurban tidak lewat blantik hewan,” katanya. Sehingga harga jualnya dapat lebih tinggi dari biasanya.

Sudi menjelaskan pembeli hewan ternaknya berasal dari Jogja. “Karena sulit mengirim hewan ternak ke luar daerah dan kebanyakan pasar hewan juga tutup maka hampir semua pembelinya dari Jogja,” tuturnya.

BACA JUGA: Jalan Menuju TPST Piyungan Memprihatinkan, Rusak karena Dilalui Truk Sampah hingga Tambang Batu

Faktor kebersihan dan bebas penyakit mulut dan kuku (PMK), lanjut Sudi, juga jadi pendorong pembeli langsung membeli dari peternak. “Karena di kami memang dijamin tidak tertular PMK, bersih, dan berkualitas,” jelasnya.

Kebersihan dan bebas PMK tersebut, kata Sudi, sudah terjamin karena selama ini UD Segar bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota (DPPK) Jogja dalam mengantisipasi PMK. “Kami selalu mengikuti instruksi DPPK dari pemeriksaan ke Puskeswan sampai melakukan penyemprotan disinfektan agar kandang selalu bersih,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal dan Tarif Bus Damri Tujuan Wisata Pantai di Bantul dan Gunungkidul

News
| Minggu, 21 Juli 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement