Advertisement

Seniman Difabel Gelar Pameran di Lobi Mapolres Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 24 Agustus 2022 - 08:07 WIB
Arief Junianto
Seniman Difabel Gelar Pameran di Lobi Mapolres Gunungkidul Bupati Gunungkidul Sunaryanta (ketiga dari kanan) menyaksikan pameran karya seniman difabel di lobi Mapolres Gunungkidul, Selasa (23/8/2022). - Istimewa/Humas Pemkab Gunungkidul 

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Polres Gunungkidul menggelar pameran tunggal karya seniman difabel Rofitasari Rahayu di lobi Mapolres Gunungkidul mulai 23-25 Agustus mendatang. Pameran ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI sekaligus HUT ke-70 Kesatuan Gerak Bhayangkari.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan peringatan HUT Kemerdekaan RI dan HUT Kesatuan Gerak Bhayangkari diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya dengan menggelar pameran tunggal seniman difabel Rofitasari Rahayu asal Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo.

Advertisement

“Ini spesial karena menghadirkan karya dari seniman difabel sehingga pameran yang berlangsung tiga hari menjadi ajang kreasi untuknya,” kata Edy, Selasa (23/8/2022).

BACA JUGA: Pedagang Minta Bantuan Tetap Diberikan dalam Bentuk Uang

Seniman muda, Rofitasari Rahayu didiagnosa tuna rungu dan wicara. Meski demikian, Ayu, sapaan akrabnya tetap bisa berkarya.

Total ada 26 karya yang berwujud lukisan. Salah satunya kolase lukisan yang menampilkan presiden Republik Indonesia dari masa ke masa, mulai dari Soekarno hingga Joko Widodo.

Selain itu, juga ada karya dari seperangkat wayang sodo yang merupakan kerajinan khas asal Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo. “Selain pameran juga ada lokakarya dan sarasehan bersama Ayu beserta teman-teman disabilitas lainnya,” kata Edy.

Dia berharap pameran ini bisa dijadikan ruang bagi disabilitas untuk menyuarakan aspirasi dan bakatnya. “Tugas kami tidak hanya terkait keamanan dan ketertiban masyarakat, tetapi juga memberi ruang untuk berkreasi, salah satunya untuk kelompok difabel,” ungkapnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyambut baik adanya pameran tunggal yang menampilkan karya seniman difabel. Pasalnya,  kegiatan ini sebagai sarana berekpresi bagi kelompok-kelompok di masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus. “Sangat baik dan karyanya juga bagus-bagus,” katanya.

Dia berharap dengan pameran ini menjadi penyemangat bagi kelompok difabel untuk berani tampil dan menunjukkan hasil karyanya. “Mereka memiliki bakat yang luar biasa. Jadi, harus ada sarana untuk berkreasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement