Advertisement

Kabel Fiber Optic 500 Kilometer Terpasang di DIY, 438 Kelurahan Terhubung Internet

Triyo Handoko
Jum'at, 09 September 2022 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Kabel Fiber Optic 500 Kilometer Terpasang di DIY, 438 Kelurahan Terhubung Internet Ilustrasi wifi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kabel fiber optic sepanjang 500 kilometer sudah dipasang di DIY sehingga blankspot atau titik tak terjangkau sinyal Internet berkurang.

Sedikitnya 438 kelurahan tersambung dengan Internet Pemda DIY. Tujuannya meningkatkan potensi ekonomi dengan kemudahan akses Internet bagi masyarakat. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Heri Edi Tri Wahyu Nugroho menyebut tinggal 41 objek wisata di DIY yang perlu dukungan infrastruktur agar Internet lancar diakses.

Advertisement

“Pemda DIY selama ini berusaha untuk mengurangi daerah yang belum terjangkau Internet dengan membangun infrastruktur jaringan internet, targetnya bebas blankspot,” ujarnya, Jumat (9/9/2022).

Selain destinasi wisata dan kelurahan, Pemda DIY juga terus memastikan jaringan Internet memadai di seluruh SMA/SMK di DIY. “Agar SMA dan SMK bisa menikmati fasilitas bandwidth yang memadai supaya proses pembelajaran maksimal,” katanya.

BACA JUGA: Begini Skenario Melindungi Prambanan dari Gempuran Investasi di Exit Toll

Pembangunan infrastruktur Internet untuk pemerataan akses informasi, lanjut Wahyu, akan terus dilakukan Pemda DIY. “Karena Internet menjadi hal penting untuk menunjang pertumbuhan ekonomi, semua kegiatan ekonomi butuh Internet termasuk UMKM,” jelas Wahyu.

Selain Pemda DIY, peran berbagai pihak juga penting untuk menunjang pembangunan akses Internet. “Sekarang salah satu penyebab investor mau berinvestasi di wilayah tertentu adalah akses Internet, jadi penting untuk bersama-sama mewujudkan akses Internet yang merata di seluruh DIY,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement