Advertisement

Mahasiswa Vokasi UGM Ajak Anak Muda Bijak Gunakan Medsos

Media Digital
Sabtu, 15 Oktober 2022 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mahasiswa Vokasi UGM Ajak Anak Muda Bijak Gunakan Medsos Talkshow dengan judul Promoting Culture: Social Media for Youth kepada siswa/i SMA N 9 Yogyakarta. - Ist

Advertisement

JOGJA-Kemajuan teknologi ditigal ditandai dengan maraknya penggunaan media sosial terutama bagi kalangan remaja. Dengan kemajuan ini, generasi muda diharapkan dapat memanfaatkan penggunaan media sosial secara bijak ke arah yang lebih positif.

Melihat fenomena tersebut, mahasiswa Sekolah Vokasi UGM mengadakan kegiatan talkshow dengan judul “Promoting Culture: Social Media for Youth” kepada siswa/i SMA N 9 Yogyakarta, dengan tujuan mengedukasi generasi muda untuk memanfaatkan sosial media ke arah yang lebih positif, salah satunya sebagai media pelestarian budaya.

Advertisement

Dipandu oleh Novi Narita Sari sebagai MC (Master of Ceremony), kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 7 Oktober 2022 dan berkolaborasi dengan Aryani Wahyu, Social Media Analyst Sanggar Seni Bentara Budaya Yogyakarta, dengan membawakan mengenai pengenalan budaya dan pembekalan pentingnya pelestarian budaya, acara sukses digelar dengan apik.

Aryani menyampaikan, dalam bermedia sosial, kita juga perlu memperhatikan algoritma sosial media sehingga dapat meningkatkan ketertarikan pembaca. Sebagai contoh pada akun media sosial Sanggar Bentara Budaya yang tidak hanya berisi tentang kegiatan-kegiatan sanggar melainkan juga diselingi informasi mengenai topik-topik tertentu, seperti pengenalan tokoh seni, karya seni, dan lain-lain.

Aryani juga berharap agar ke depannya dapat berkolaborasi antara mahasiswa dan siswa-siswi SMA mengenai pengenalan seni dan budaya baik melalui kunjungan ke museum maupun aktivitas luar ruangan lainnya.

“Untuk kedepannya kita bisa mengadakan kegiatan serupa namun lebih ke kegiatan luar ruangan. Mungkin dari mahasiswa Sekolah Vokasi bisa ikut serta kembali seperti acara pada hari ini”, ungkap Aryani.

Setelah sesi pemaparan materi mengenai pentingnya pengenalan kebudayaan melalui sosial media, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan Sekolah Vokasi UGM yang dibawakan oleh Rahma Febrianti, mahasiswi D4 Bahasa Inggris, UGM. Sesi ini bertujuan agar para siswa memiliki pemahaman yang lebih luas mengenai prodi sarjana terapan di UGM. Kemudian, kegiatan ini ditutup dengan sesi games dan dokumentasi oleh seluruh peserta dan panitia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jenazah Pendiri Mustika RatuMooryati Soedibyo Akan Dimakamkan di Bogor Rabu Siang

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement