Advertisement

80 UKM Meriahkan Cokrodiningratan Fair, Disperinkop-UKM Apresiasi Partisipasi Masyarakat

Triyo Handoko
Minggu, 30 Oktober 2022 - 18:47 WIB
Arief Junianto
80 UKM Meriahkan Cokrodiningratan Fair, Disperinkop-UKM Apresiasi Partisipasi Masyarakat Kepala Disperinkop-UKM Jogja Tri Karyadi Riyanto Raharjosaat memberikan sambutan di Cokrodiningratan Fair yang bertempat di Halaman Kantor Harian Jogja, Minggu (29/10/2022). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

JOGJA - Sebanyak 80 pelaku usaha kecil menengah (UKM) berpartisipasi dalam Cokrodiningratan Fair yang digelar di sepanjang Jl. AM Sangaji, Minggu (29/10/2022).

Gelaran yang juga dimeriahkan berbagai hiburan tersebut ditujukan untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat Kelurahan Cokrodiningratan, Kemantren Jetis, Jogja. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berbagai produk UKM dipamerkan dalam kegiatan tersebut, mulai dari makanan, kerajinan, hingga fesyen. Gelaran tersebut mendapat apresiasi Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperinkop-UKM) Jogja. 

Kepala Disperinkop-UKM Jogja, Tri Karyadi Riyanto Raharjo menyebut gelaran tersebut sebagai contoh praktik baik masyarakat dalam menginisiasi pertumbuhan ekonomi.

“Khususnya sektor UKM, usaha masyarakat Cokrodiningratan ini patut diapresiasi karena semua hal dipersiapkan dan dikelola mereka untuk acara ini,” ujarnya, Minggu siang. 

BACA JUGA: TPST Piyungan Penuh, Warga Jogja Diminta Pilah Sampah dari Rumah

Totok, sapaan akrabnya, menjelaskan awalnya pihaknya mendapat permintaan anggaran atas kegiatan tersebut, tetapi karena diajukan di tengah masa kerja jadi tidak bisa dianggarkan.

“Tapi kami kemudian bantu dengan mengenalkan ke pihak-pihak lain untuk bisa membantu dan alhamdulilahnya bisa terbantu misalnya lewat BPD DIY,” ucap dia.

Advertisement

Inisiasi pameran UKM, lanjut Totok, merupakan bukti masyarakat Jogja memiliki usaha untuk terus bangkit dari pandemi. “Pameran ini jadi bukti selarasnya slogan HUT Jogja, ini bukan hanya slogan tapi sudah dipraktikkan,” katanya.

Totok juga memfasilitasi kelompok UKM Kelurahan Cokrodiningratan untuk bisa berpartisipasi dalam Jumat Berkah yang dilakukan untuk menunjang promosi dan pemasaran UKM Jogja di Balai Kota tiap Jumatnya.

“Nanti kami sudah minta inventarisasi agar mereka punya tempat untuk bisa meningkatkan pemasaran lagi di Jumat Berkah,” ujarnya.

Advertisement

Panitia Cokrodiningratan Fair, Partono menyebut gelaran ini berkat usaha warga yang tergabung dalam Bidikan Orang-Orang Kreatif (BOK). “BOK ini jadi wadah kami di Kelurahan Cokrodiningratan untuk terus bisa meningkatkan kapasitas UKM,” katanya.

Partono menyebut lewat BOK warga Cokrodiningratan yang memiliki UKM bisa difasilitasi secara gotong royong untuk terus eksis. “Rencananya setelah Cokrodiningratan Fair ini nanti ada program atau kegiatan lain untuk mendukung UKM,” jelasnya.

BACA JUGA: Jogja Luncurkan Program Lek Parjo untuk Kembangkan Pasar Rakyat

BOK ke depan, jelas Partono, semoga dapat bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama Pemkot Jogja. “Mungkin bisa dengan pelatihan atau pendampingan, jadi tidak berhenti di sini saja,” ujar dia.

Advertisement

Salah satu peserta pameran UKM, Anggi Salim yang memiliki usaha kuliner pizza dengan merek Pas Pizza berharap peningkatan UKM tidak berhenti di acara tersebut. “Kami berharpnya bisa difasilitasi untuk bazar di Jl. AM Sangaji secara reguler lewat car free day tiap minggu gitu,” katanya.

Pasalnya, Anggi menyebut omzet jualan di pameran tersebut meningkat drastis. “Sehari ini sudah laku 40 pcs, biasanya cuma 20-an kalau di rumah lewat online, jadi semoga bisa reguler bazar pameran ini," ucap dia.

Anggi juga berharap ada dampingan lebih luas lagi dari Disprinkop-UKM Jogja. “Karena sekarang juga susah mau cari kerja, solusinya UKM ini makanya kami minta semoga ada penguatan UKM yang lebih lagi,” ujarnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca, Hari Ini: Siang Ini, Kota dan Sleman Dilanda Hujan Petir

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement