Advertisement

Gedongkiwo Terima Hibah Gamelan, Lurah: Siapa Pun Warga di Sini Boleh Pakai

Triyo Handoko
Jum'at, 04 November 2022 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Gedongkiwo Terima Hibah Gamelan, Lurah: Siapa Pun Warga di Sini Boleh Pakai Serah terima hibah gamelan dari Kepala Seksi Lembaga Budaya Disbud DIY Endang Widuri ke Lurah Gedongkiwo Supriyono, Jumat (4/11 - 2022). Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kelurahan Gedongkiwo, Jogja mendapat hibah seperangkat gamelan slendro dan pelog dari Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY, Jumat (4/11/2022). Hibah tersebut untuk mendukung Gedongkiwo sebagai Kelurahan Budaya agar terus melestarikan seni karawitan.

Sejak awal 2022 lalu, Gedongkiwo sudah berstatus Kelurahan Budaya. Berbagai usaha pelestarian budaya dilakukan kelurahan yang berada di Kemantren Mantrijeron ini. Terbaru, pada Senin (7/11/2022) Kelurahan Gedongkiwo akan mengikuti Lomba Potensi Kelurahan Budaya se-Jogja.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Lurah Gedongkiwo Supriyono menjelaskan program kebudayaan di kelurahannya terwujud berkat dukungan dari berbagai pihak. “Salah satunya dari Disbud ini yang telah memberikan hibah gamelan,” katanya, Jumat siang.

Supriyono menyebut partisipasi dan antusiasme masyarakat Gedongkiwo terhadap seni dan budaya sangat tinggi. “Ini yang daftar ke kelompok karawitan saja sudah banyak sekali padahal baru hari ini dikasih gamelannya,” jelasnya.

BACA JUGA: Sempat Kehabisan Vaksin, DIY Kini Peroleh 25.400 Dosis untuk Percepat Booster

Selain seni karawitan, jelas Supriyono, berbagai seni tari dan pertunjukan lain juga dilestarikan di Gedongkiwo. “Kami ada beberapa sanggar seni yang jadi ruang melestarikan seni tari, ludruk, sampai ketoprak,” ucapnya.

Rencananya gamelan hibah tersebut, lanjut Supriyono, akan diperuntukkan untuk siapa saja warga Gedongkiwo yang ingin belajar karawitan. “Siapa pun dari kelompok anak muda, orang tua, lansia, PKK atau siapa pun boleh menggunakannya, nanti kami buatkan kelas karawitan bersama,” katanya.

Kepala Seksi Lembaga Budaya Disbud DIY, Endang Widuri menyebut hibah gamelan tersebut berjenis perunggu. “Semua kelurahan budaya yang jumlahnya 76 memang diberikan hibah gamelan di seluruh DIY,” katanya, Jumat siang.

Advertisement

Widuri menjelaskan pemberian hibah sebagai bentuk dukungan Disbud DIY pada kelurahan budaya untuk terus mengembangkan pelestarian seni dan budaya. “Agar mereka terus nguri-uri budaya terutama kelompok anak mudanya,” jelasnya.

Regenerasi pelestari budaya, jelas Widuri, jadi salah satu prioritas utama dalam program kelurahan budaya. “Regenerasi ini penting untuk terus menjaga budaya karena DIY terkenal karena seni dan budayanya,” ujar dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement