Advertisement

Diduga Korsleting, Rumah di Mlati Terbakar

Triyo Handoko
Senin, 02 Januari 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Diduga Korsleting, Rumah di Mlati Terbakar Petugas Damkarmat Jogja menaklukan si jago merah di Mlati, Sleman pada Senin (2/1/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sebuah rumah di Padukuhan Blunyah Gede, Kalurahan Sinduadi, Kapanewon Mlati, Sleman yang terbakar berhasil dipadamkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Jogja, Senin (2/1/2022).

Kebakaran yang hampir meludeskan satu rumah tersebut bermula dari pemilik rumah, Parinem yang hendak menyetrika. Saat menancapkan setrika ke instalasi listrik langsung korsleting dan menyebabkan percikan api yang membakar rumah.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dalam waktu 25 menit Damkarmat Jogja mampu menjinakan si jago merah. Kepala Damkarmat Jogja Octo Noor Arafat menjelaskan pihaknya menurunkan 12 personel dan lima unit mobil pemadam.

Octo menjelaskan korsleting jadi penyebab utama kebakaran di Jogja. “Karena banyak instalasi listrik di rumah itu tidak sesuai standar, jadi mudah korsleting yang bisa memantik api dan kebakaran,” jelasnya, Senin sore.

BACA JUGA: 4.000 Meter Persegi Ruang Produksi PT BRA di Bantul Kebakaran

Damkarmat Jogja, jelas Octo, mengimbau masyarakat luas untuk memperhatikan instalasi listriknya agar dapat lebih mengantisipasi kebakaran. “Sebaiknya menggunakan kabel dan instalasi listrik lain yang sesuai standar agar lebih aman,” katanya.

Kepala Seksi Operasional  Pemadaman Kebakaran Damkarmat Jogja, Mahargyo menyebut kebakaran di Mlati tersebut menghanguskan ruangan dengan luas 4 x 7 meter. “Kami terima laporan pukul 14.20 WIB, langsung ke lokasi dan untungnya hanya satu ruangan itu yang terbakar dan tidak merembet ke rumah lain,” jelasnya.

Saat memadamkan kebakaran, lanjut Mahargyo, tak ada kendala berarti. “Perlengkapan dan unit mobil sudah standby jadi kami sampai lokasi hanya selisih 10 menit dar laporan, sekitar 14.30 WIB,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bantah Menjilat Presiden Jokowi

News
| Senin, 06 Februari 2023, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement