Advertisement

Adkasi Gelar Aksi, Begini Respons Ketua DPRD Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 01 Februari 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Adkasi Gelar Aksi, Begini Respons Ketua DPRD Gunungkidul Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntarningsih (kedua dari kiri). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) bakal melakukan aksi demo di Jakarta pada 20 Februari 2023.

Meski demikian, Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih belum memberikan kepastian terkait dengan partisipasi menyuarakan pencabutan Peraturan Presiden No.33/2020 tentang Standar Harga Satuan Regional. “Harus dibahas di Badan Musyawarah [Bamus] terlebih dahulu terkait dengan aksi penuntutan ini,” kata Endah kepada wartawan, Rabu (1/2/2023).

Advertisement

Menurut dia, surat yang beredar baru sebatas izin ke Kapolri terkait dengan penyampaian aspirasi yang dilaksankaan Adkasi pada 20 Februari mendatang. Adapun surat resmi dari Ketua Umum Adkasi, Lukman Said hingga sekarang juga belum diterima. “Nanti kalau sudah ada surat tentang aksi ini, maka akan dibahas melalui bamus,” katanya.

Secara prinsip, Endah mendukung pencabutan perpres ini. menurut dia, banyak dampak yang dirasakan oleh DPRD terkait dengan aturan tersebut.

“Sebenarnya tidak hanya DPRD, tetapi eksekutif juga merasakannya. Jadi, kami ingin hak-hak yang dimiliki bisa dikembalikan seperti sebelum adanya perpres itu,” katanya.

BACA JUGA: Janaloka Pilih Tunggu Perkembagan Soal Perubahan Masa Jabatan Pamong Kalurahan

Meski belum memberikan kepastian dalam partisipasi aksi, Endah mengakui bahwa pada 20 Februari 2023, anggota DPRD Gunungkidul memiliki agenda kunjungan kerja. Adapun lokasinya antara Jawa Barat dengan Jawa Timur. “Memang jadwalnya kunker. Tapi, sekali lagi saya tegaskan, untuk ikut aksi harus dibahas dahulu di bamus,” katanya.

Hal tak jauh berbeda disuarakan oleh Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno. Menurut dia, aspirasi mencaput Perpres No.33.2020 sudah berlangsung lama, namun hingga sekarang belum bisa direalisasikan. “Jadi bukan hanya sekarang. Sejak dulu sudah ada,” katanya.

Dia mengakui untuk partisipasi dalam aksi diserahkan sepenuhnya dalam pembahasan badan musyawarah DPRD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement