Advertisement

Rumah Sakit di Bantul Ini Setop Dulu Penggunaan Obat Praxion

Hadid Husaini
Selasa, 07 Februari 2023 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Rumah Sakit di Bantul Ini Setop Dulu Penggunaan Obat Praxion obat gagal ginjal fomepizole - kemenkes

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Rumah sakit di Bantul sudah menghentikan penggunaan obat sirup Praxion yang selama ini dikonsumsi oleh pasien Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA). Salah satunya adalah RS PKU Muhammadiyah Bantul.

Diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menghentikan sementara produksi serta distribusi seluruh jenis obat yang sempat dikonsumsi oleh dua pasien gagal ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) di Jakarta.

Advertisement

BPOM mengatakan, langkah tersebut menjadi bentuk kehati-hatian lembaga pengawas itu untuk memutus rantai kasus gagal ginjal akut di Indonesia. Penghentian produksi dan distribusi akan dilakukan hingga pemeriksaan penyebab kasus itu rampung.

Terkait dengan hal itu, Manajer Pemasaran PKU Muhammadiyah Bantul, Wahyu Priyono mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan terkait dengan adanya pasien dengan keluhan GGPAA. Meski begitu penggunaan obat jenis sirup Praxion sudah dihentikan.

Wahyu menyampaikan bahwa obat Praxion sebelumnya banyak digunakan oleh pasien yang dirawat di PKU Muhammadiyah.

“Itu kan obat panas banyak anak yang suka karena ada rasanya, tidak seperti obat lain. Namun semenjak ada pelarangan edar tersebut, orang tua kami edukasi supaya menggunakan produk lain, jangan sampai menjatuhkan produknya juga,” kata dia kepada Harian Jogja, Selasa (7/2/2023).

BACA JUGA: Rektor UGM Bicara Soal Gagal Ginjal Akut

Meski begitu, dia meminta kepada masyarakat, jika terdapat gejala penyakit serupa bisa di konsultasikan ke PKU Muhammadiyah. “Secara SDM [sumber daya manusia], kami memiliki berbagai dokter ahli, nanti bisa di konsultasikan sesuai dengan penyakitnya,” ucap dia.

Sementara itu, rumah sakit pelat merah, RSUD Panembahan Senopati, hingga kini juga menegaskan belum menerima laporan masuknya pasien GGPAA.

“Kami di bawah Dinas kesehatan Bantul siap jika ada pasien dengan gejala penyakit [GGPAA) tersebut. Namun, saat ini kami belum menerima pasien anak dengan gejala gagal ginjal, kalau misalnya ada bukan di RS Panembahan Senopati,” kata Sub Bagian Hukum, Pemasaran dan Kemitraan RSUD Panembahan Senopati, Siti Rahayuningsih, Selasa.

Terkait dengan obat sirup Praxion, Siti mengatakan saat ini hal tersebut masih diteliti. Dia berharap jika ada anak yang mengalami gejala gagal ginjal untuk segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat termasuk RSUD Panembahan Senopati. “Jika ada pasien rujukan kami akan melakukan perawatan dan analisis,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement