Advertisement

Mahfud MD Ungkap Pergerakan Uang Tak Wajar Rp300 Triliun di Ditjen Pajak dan Bea Cukai

Lugas Subarkah
Rabu, 08 Maret 2023 - 12:57 WIB
Sunartono
Mahfud MD Ungkap Pergerakan Uang Tak Wajar Rp300 Triliun di Ditjen Pajak dan Bea Cukai Menko Polhukam Mahfud MD. - ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Mahfud MD menyampaikan adanya pergerakan uang tak wajar Rp300 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan, sebagian besar dari Ditjen Pajak dan Bea Cukai.

Ketua Tim Pengendalian Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) ini mengatakan temuan ini baru saja dilaporkan kepadanya Rabu (8/3/2023) pagi. "Saya sudah dapat laporan yang pagi tadi terbaru malah ada pergerakan mencurigakan sebesar Rp300 triliun di lingkungan Kemenkeu," ujarnya saat ditemui di UGM, Rabu (8/3/2023).

Advertisement

BACA JUGA : KPK Periksa Eks Pejabat Pajak Rafael Alun Terkait Harta

Pergerakan mencurigakan tersebut menurutnya sebagian besar berasal dari Ditjen Pajak dan Bea Cukai. "Sebagian besar ada di Ditjen Pajak dan Bea cukai itu yang hari ini," ungkapnya.

Jumlah ini jauh lebih besar dari temuan sehari sebelumnya, dimana dilaporkan ada sebanyak 69 pegawai di bawah Kemenkeu yang diduga melakukan pencucian uang, dengan nilai transaksi ratusan miliar. "Kemarin hanya 69 orang dengan nilai hanya enggak sampai triliunan, hanya ratusan miliar," katanya.

Ia juga telah melaporkan temuan terbaru ini kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). "Itu harus dilacak dan saya sudah sampaikan ke Sri Mulyani dan PPATK," ungkapnya.

BACA JUGA : Cegah Pejabat Pamer Harta, Sri Mulyani Diminta Evaluasi

Adapun terkait 69 pegawai yang sebelumnya dilaporkan diduga melakukan pencucian uang, ia memastikan sudah ditindaklanjuti oleh KPK. "KPK sudah memulai menelisik satu-satu," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Hujan Lebat Terjadi di 32 Provinsi Termasuk DIY

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement