Advertisement

Jamin Kesehatan Calon Haji, Pemkab Gunungkidul Berikan Vaksin Meningitis

David Kurniawan
Rabu, 10 Mei 2023 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Jamin Kesehatan Calon Haji, Pemkab Gunungkidul Berikan Vaksin Meningitis Ibadah haji. - REUTERS/Ammar Awad

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Gunungkidul terus mengebut persiapan pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji tahun ini. Salah satunya adalah dengan memberikan vaksinasi meningitis kepada calon jemaah.

Kepala Kemenag Gunungkidul, Sya’ban Nuroni mengatakan vaksinasi meningitis merupakan syarat wajib bagi calon jemaah haji sebelum pemberangkatan. Total ada 399 orang yang mengikuti vaksinasi di Kantor Dinas Kesehatan Gunungkidul, Rabu (10/5/2023).

Advertisement

“Vaksin sudah dilakukan dan sekarang proses observasi untuk mengetahui reaksi terhadap suntikan tersebut,” kata Sya’ban kepada wartawan, Rabu siang.

BACA JUGA: 2023, DIY Berangkatkan 3.300 Calon Haji

Dia menjelaskan kesehatan calon jemaah merupakan yang sangat penting karena sebagai dasar untuk pelaksanaan ibadah selama di Tanah Suci. Oleh karena itu, dilakukan pemeriksaan secara berkala guna mengetahui kondisi masing-masing calon.

“Cek kesehatan juga sebagai dasar penetapan calon jemaah terkait dengan risiko berdasarkan penyakit komorbid maupun telah lanjut usia,” katanya.

Selain cek kesehatan, untuk persiapan juga dilakukan manasik haji. Kegiatan manasik bertujuan agar calon jamaah mengetahui tata cara ibadah serta siap secara fisik. “Istilahnya latihan menunaikan ibadah haji karena tata caranya sama dengan pelaksanaan di Tanah Suci,” katanya.

Rencananya calon haji asal Gunungkidul diberangkatkan pada 7 Juni 2023 mendatang. Dia berharap proses ibadah dapat berjalan dengan lancar dari berangkat hingga kepulangannya. “Kami berharap kondisi kesehatan benar-benar diperhatikan dengan baik agar pelaksanaan ibadah berjalan lancar,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, komitmennya untuk membantu persiapan pelaksanaan ibadah haji. Salah satunya membantu dalam proses pemberian vaksinasi menginitis kepada setiap jemaah. “Tujuan vaksin untuk mencegah terjangkitnya penyakit yang menyerang peradangan selaput otak,” katanya.

Menurut dia, pelaksanaan ibadah, orang dari berbagai penjuru dunia akan berkumpul menjadi satu. Oleh karenanya, dibutuhkan antisipasi terkait dengan kesehatan calon jemaah.“Untuk kesehatan, kami juga telah membantu dalam pengecekan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement