Advertisement

Kasus Penyakit Sifilis di Gunungkidul Rendah, Masyarakat Tetap Diminta Waspada

David Kurniawan
Jum'at, 12 Mei 2023 - 19:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kasus Penyakit Sifilis di Gunungkidul Rendah, Masyarakat Tetap Diminta Waspada Ilustrasi sifilis. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan Gunungkidul memastikan kasus penyakit menular seksual sifilis relatif terkendali. Meski demikian, masyarakat diminta tetap mewaspadai penyebaran penyakit ini.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, sudah mendengar adanya peningkatan kasus sifilis di Indonesia. Meski demikian, ia memastikan hal tersebut tidak terjadi di Bumi Handayani.

Advertisement

“Kasusnya terhitung rendah dan tidak ada lonjakan,” kata Dewi, Jumat (12/5/2023).

Dewi menekankan, meski penyebaran penyakit ini masih terhitung rendah, tapi masyarakat diminta tetap waspada. Kasus sifilis termasuk kategori penyakit menular seksual.

Oleh karenanya, sambung Dewi, upaya pencegahan tidak berbeda jauh dengan penanggulangan HIV/Aids. Cara paling aman adalah dengan setia pada pasangan. Pasalnya, dengan tidak bergonta ganti pasangan maka potensi terhindar penyakit seksual akan lebih kecil.

Baca juga: Berangkat dari Jogja dengan Kereta Api, Perjalanan Jarak Jauh Lebih Cepat 1 Jam

Selain itu, untuk pencegahan juga bisa dilakukan terus memakai alat kontrasepsi pada saat berhubungan seksual. “Paling aman dengan setia pada pasangan. Sebab, kalau bergonta ganti tidak hanya potensi sifilis, tapi juga dapat terjangkit HIV/Aids,” katanya.

Dewi menambahkan, upaya pencegahan di masyarakat akan terus dilakukan. Sosialisasi tidak hanya sebatas penyakit menular seksual, tapi juga menyasar penyakit yang lainnya.

“Paling penting untuk kesehatan adalah terus menjalankan hidup bersih dan sehat, serta rajin berolahraga sehingga tubuh bisa tetap vit. Saat tubuh vit, maka tidak gampang terserang penyakit,” katanya.

Peran Aktif

Anggota Komisi D DPRD Gunungkidul, Ery Agustin S mengatakan, berbagai potensi penyebaran penyakit harus tetap diwaspadai. Oleh karenanya, pemkab harus mengambil peran aktif untuk pencegahan.

Langkah yang bisa diambil dalam pencegahan penyakit sifilis, salah satunya dengan menggalakkan sosialisasi tentang kesehatan masyarakat. “Dengan sosialisasi, maka masyarakat bisa paham tentang potensi penyakit yang bisa menyerang tubuh. Jadi, dengan memberikan pemahaman yang baik, maka upaya pencegahan bisa lebih dimaksimalkan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement