Advertisement

Antisipasi Narkoba di Kalangan Pemkab, Wabup Gunungkidul Usul Pejabat Dites Rutin

David Kurniawan
Minggu, 14 Mei 2023 - 15:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Antisipasi Narkoba di Kalangan Pemkab, Wabup Gunungkidul Usul Pejabat Dites Rutin Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Upaya pencegahan narkoba harus digalakkan dengan tidak hanya menyasar kalangan remaja tetapi juga melibatkan unsur pejabat di lingkungan pemerintahan. Pemkab Gunungkidul berkomitmen dalam upaya penanggulangan peredaran narkoba. 

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan, upaya pencegahan peredaran narkoba harus terus dilakukan. Hal ini dikarenkaan, perkembangan di Bumi Handayani tumbuh dengan pesat sehingga ada potensi dampak negatif yang harus diantisipasi, khususnya berkaitan dengan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Advertisement

BACA JUGA: Polresta Jogja Menangkap Puluhan Orang Terkait Narkoba

“Potensi penyebaran narkoba itu ada sehingga harus dilakukan pencegahan dan penanggulangan,” kata Heri kepada wartawan, Minggu (14/5/2023).

Menurut dia, upaya pencegahan narkoba sudah dilakukan. Salah satunya dengan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY yang dilaksanakan secara rutin dengan menggelar sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Meski demikian, Heri mengakui, pencegahan peredaran narkoba tidak hanya sebatas sosialisasi, melainkan juga harus diikuti aksi nyata. Ia menyarankan, agar pencegahan lebih optimal, maka rutin dilakukan pengetesan urine di masyarakat. “Sasarannya jangan hanya anak-anak muda. Tapi, juga menyasar ke pegawai maupun pejabat daerah. Saya mendukung langkah ini,” ungkapnya.

Heri menambahkan, upaya mitigasi sangat diperlukan agar hasil dari penanggulangan narkoba bisa lebih efektif dan peredaran benar-benar bisa ditekan. “Jadi tidak hanya pemerintah maupun pihak kepolisian, tapi masyarakat juga harus ikut berpartisipasi aktif,” katanya.

BACA JUGA: Marak! Peredaran Pil Koplo di Gunungkidul Pakai Media Sosial

Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan, BNNP DIY, Bambang Wiryanto mengatakan, mengapreasiasi kerja sama dengan daerah dalam upaya pencegahan peredaran narkoba. Ia berharap sosialisasi P4GN di kabupaten dan kota di DIY bisa terus ditingkatkan agar masyarakat bisa paham berkaitan dengan bahaya penyalah gunaan narkoba.

“Pencegahan harus menjadi prioritas di daerah agar peredaran narkoban bisa ditekan dan diberantas. Sebab, dampak dari penyalahgunaan tidak hanya masalah kesehatan tapi juga berdampak ke yang lain,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sapi Kurban Presiden Jokowi dari Bone Bernama Turbo, Milik Anggota TNI

News
| Sabtu, 15 Juni 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement