Advertisement

Saluran Irigasi Kalibawang Segera Diperbaiki

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 30 Mei 2023 - 23:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Saluran Irigasi Kalibawang Segera Diperbaiki Ilustrasi saluran irigasi. /Solopos - Burhan Aris Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Balai Besar Kawasan Sungai (BBWSS) Serayu Besar Serayu segera memperbaiki saluran induk irigasi Kalibawang, Kulonprogo. Perbaikan belum dilakukan karena tanaman pangan di seluruh daerah irigasi Kalibawang masih membutuhkan air.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWSSO, Antyarsa Ikana Dani mengatakan pihaknya telah bertemu dengan DPUP-ESDM DIY untuk membahas perbaikan saluran irigasi induk.

Advertisement

“Hasil koordinasi kami dengan DPUP-ESDM Divisi SDA Provinsi DIY, saluran tersebut ditangani darurat terlebih dahulu dengan karung untuk menyelamatkan tanaman padi. Nanti kalau sawah [tanah] tidak banyak membutuhkan air, akan kami perbaiki," kata Dani saat dihubungi, Selasa (30/5/2023).

Dani menegaskan, menjelang musim panen tanaman padi tidak lagi membutuhkan banyak air. Dengan begitu, pembenahan dapat dilakukan tanpa berpotensi mematikan tanaman, terutama padi.

Sementara itu, Sub Koordinator Seksi Produksi Tanaman Pangan DPP Kulonprogo, Kirmi mengatakan Pemkab Kulonprogo sudah melayangkan surat ke BBWSSO tiga pekan lalu, menyusul rusaknya dinding kanan saluran irigasi utama Kalibawang.

Baca juga: Penyelidikan Penyalahgunaan Tanah Kas Desa, Satpol PP: Pihak Kalurahan Ada yang Tidak Kooperatif

"Alur Kalibawang mengalir melalui penanganan sementara menggunakan karung berisi pasir untuk menutupi dinding yang runtuh," kata Kirmi saat dihubungi, Selasa (30/5/2023).

Kirmi menambahkan dinding kanan saluran utama yang terletak di Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang jebol akibat curah hujan yang tinggi. Tanggul di saluran juga tergerus.

Ternyata, kerusakan tembok itu meluas hingga sejauh 15 meter dengan tinggi tembok 5 meter. Pada 5 Mei 2023, layanan air irigasi melalui saluran induk Kalibawang juga dimatikan. Hal ini dilakukan untuk melindungi jaringan dan meminimalkan dampak kerusakan lebih lanjut. Setelah tiga hari, layanan tersebut aktif kembali.

Terlihat bahwa saluran utama digunakan untuk pelayanan air irigasi musim tanam (MT) II Padi Golongan 2 tahun 2022/2023 di wilayah Kejuron Donomulyo, Penjalin, Papah, Pengasih Timur, Pengasih Barat dan Pekikjamal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement