Advertisement

Wow! Wisata Pantai di Gunungkidul Ramai Dikunjungi Pelancong

David Kurniawan
Kamis, 01 Juni 2023 - 16:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Wow! Wisata Pantai di Gunungkidul Ramai Dikunjungi Pelancong Pengunjung memadati kawasan wisata di Pantai Sadranan di Kalurahan Sidoharjo, Tepus. Kamis (1/6/2023). Ist - sardiypantaibaron

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Libur panjang yang dimulai Kamis (1/6/2023) kawasan pantai di Gunungkidul ramai dikunjungi wisatawan. Selama long weekend Dinas Pariwisata menargetkan kunjungan sebanyak 54.438 orang.

Ramainya kawasan pantai sudah terlihat di Pantai Sadranan di Kalurahan Sidoharjo, Tepus. Pengunjung memadati kawasan ini mulai dari bermain air di pinggir pantai atau sekadar duduk bersantai memandang keindahan laut.

Advertisement

Hal yang sama juga terlihat di Pantai Kukup di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari. Banyak pengunjung yang bermain di kawasan ini untuk menghabiskan waktu liburan.

BACA JUGA: Ada Fenomena Bulan Baru & Perigee, BMKG Waspada Potensi Banjir Rob, Cek Waktu & Lokasinya di Sini

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Marjono mengatakan, ada peningkatan kunjungan di kawasan pantai bersamaan dengan momen libur Hari Lahir Pancasila. Meski tidak bisa menyebutkan angka pasti, tapi peningkatan bisa dilihat dari pandangan mata.

“Memang banyak kunjungan. Sejak pagi mulai dari Pantai Sadranan, Kukup dan lainnya terpantau ramai dipadati pengunjung,” katanya, Kamis siang.

Menurut dia seluruh personel di wilayah 2 diterjunkan seluruhnya untuk mengawasi dari Pantai Poktunggal hingga kawasan Bukit Paralayang di Kapanewon Purwosari. Pengawasan tidak hanya melalui pemantauan dari posko, tapi ada juga yang diterjunkan untuk berbaur dengan wisatawan.

“Kami akan terus mengingatkan saat ada pengunjung bermain di area berbahaya. Mudah-mudahan selama libur panjang berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada peristiwa kecelakaan laut,” katanya.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pos Baron, Sumarja mengatakan sudah ada peningkatan kunjungan, meski belum secara signifikan. Menurutnya, sampai pukul 08.00 WIB sudah ada 400 pengunjung yang masuk melalui Pos Baron.

“Kami perkirakan lewat pos ini bisa mencapai 3.000 orang. untuk data pasti, baru bisa dihitung pada saat Kamis petang,” katanya.

BACA JUGA: Tahun Ini Sektor Pariwisata di Gunungkidul Akan Semakin Moncer, Benarkah?

Menurut dia, kunjungan ini baru dari satu TPR, sedangkan untuk masuk kawasan pantai ada beberapa TPR lainnya. “Jadi kalau total keseluruhan, maka bisa lebih banyak lagi. Yang jelas, kunjungan hari ini lebih ramai ketimbang biasanya,” katanya.

Dinas Pariwisata Gunungkidul menargetkan kunjungan wisata selama libur long weekend sebanyak 54.438 orang. Diharapkan peningkatan kunjungan ini dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak Rp407 juta.

“Kami sudah lakukan koordinasi lintas sektor untuk menyambut libur lahirnya Pancasila dan perayaan waisak,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwasata Gunungkidul, Hary Sukmono.

Dia menjelaskan, adanya peningkatan ini maka membutuhkan bantuan pengamanan. Secara total berdasarkan hasil rapat koordinasi lintas sektor akan diterjunkan personel sebanyak 75 orang.

“Jumlah ini gabungan dari TNI-Polri hingga petugas dari lingkup Pemkab Gunungkidul,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement