Advertisement

Sapi Kurban Tercebur ke dalam Parit di Kotagede, Begini Kondisinya

Yosef Leon
Sabtu, 01 Juli 2023 - 18:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Sapi Kurban Tercebur ke dalam Parit di Kotagede, Begini Kondisinya Petugas Damkarmat Kota Jogja saat mengevakuasi seekor sapi kurban yang tercebur ke dalam parit di Rejowinangun, Kotagede, Sabtu (1/7/2023). Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seekor sapi kurban tercebur ke dalam parit saat hendak dipindahkan pada Sabtu (1/7/2023). Insiden ini terjadi di Jalan Gedong Kuning 131, Rejowinangun, Kotagede tepatnya di depan Penerbit Erlangga.

Plt Kepala Damkarmat Kota Jogja Octo Noor Atafat mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga sekitar pukul 07.50 Wib pagi ini berkaitan dengan adanya hewan kurban yang terjebak di dalam parit. Hewan itu, kata dia mencoba kabur saat hendak dipindahkan. 

Advertisement

BACA JUGA: Bagi-Bagi Hewan Kurban, Prabowo Sasar Pondok Pesantren di DIY

"Ketika hendak disembelih oleh warga sapi tersebut memberontak dan berlari ke arah jalan raya sesampainya di depan penerbit airlangga sapi tersebut menepi ke kiri jalan dan terperosok ke dalam parit," jelasnya. 

Warga yang mengejar sapi itu lantas meminta bantuan kepada Damkarmat Kota Jogja untuk mengevakuasi sapi. Satu regu dari mako induk diterjunkan ke lokasi untuk evakuasi sapi itu. Sedikitnya membutuhkan waktu 55 menit sampai sapi berhasil diangkat ke atas.

BACA JUGA: Penyembelihan Hewan Kurban di Jogja, Ini Rincian Jumlahnya dari Sapi hingga Kambing

Kondisi parit yang tertutup trotoar cukup menyulitkan bagi petugas. Satu-satunya jalan untuk mengeluarkan sapi hanya lubang seukuran kurang lebih 30 sentimeter. Petugas menggunakan tali yang direkatkan ke badan sapi dan mengangkatnya ke atas.

"Prosesnya berjalan dengan lancar meskipun sempat jadi tontonan pengguna jalan dan warga sekitar. Hampir satu jam sapi sudah berhasil dievakuasi," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement